Arina Amalia, NIM. 1323301204 (2017) ANALISIS BUKU AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMP KELAS VII KURIKULUM 2013 (STUDI PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN MUATAN MULTIKULTURAL PADA MATERI AJAR). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
ARINA AMALIA_ANALISIS BUKU AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMP KELAS VII KURIKULUM 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penggunaan buku ajar dalam proses pembelajaran adalah untuk mempermudah kegiatan belajar mengajar. Buku ajar merupakan salah satu sumber belajar yang dalam implementasi kurikulum 2013, pemerintah menyediakan buku guru dan buku siswa untuk menunjang pelaksanaan proses pembelajaran. Perhatian terhadap kualitas buku yang digunakan merupakan usaha untuk memberikan hasil maksimal dalam pencapaian tujuan pembelajaran, walaupun buku bukanlah satu-satunya sumber belajar dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu menguraikan penerapan langkah-langkah pendekatan saintifik pada muatan aspek multikultural dalam buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP kelas VII kurikulum 2013. Hal ini menunjukkan buku ajar tidaklah hanya sekedar uraian materi pembelajaran, namun terdapat aspek lain yang secara implisit terkandung di dalamnya. Penelitian ini merupakan library research/penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dari sumber primer yaitu buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP kelas VII dan sumber sekunder yaitu berbagai sumber tertulis seperti jurnal, artikel, dan buku yang berkaitan dengan pendekatan saintifik dan aspek multikultural. Teknik yang digunakan yaitu teknik dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan metode content analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP kelas VII memuat langkah pendekatan saintifik yang terdapat dalam kolom aktivitas siswa meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengkomunikasikan. Dan muatan multikultural yang terdapat pada materi ajar meliputi nilai demokrasi, nilai toleransi, nilai kemanusiaan, nilai keadilan, dan nilai kesetaraan. Adapun langkah saintifik memunculkan nilai multikultural, yakni; dalam langkah mengamati dan menanya memuat nilai kesetaraan, nilai keadilan, dan nilai kemanusiaan. Dalam langkah mengumpulkan informasi dan menalar memuat nilai toleransi, nilai keseteraan, dan nilai demokrasi, sedangkan untuk langkah menalar sendiri terdapat muatan nilai kemanusiaan. Serta dalam langkah mengkomunikasikan memuat nilai keadilan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Saintifik, Multikultural, Buku Ajar PAI, Budi Pekerti |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3309 Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto |
Date Deposited: | 30 Aug 2017 00:13 |
Last Modified: | 30 Aug 2017 00:13 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2719 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |