IMPLEMENTASI METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS AKSARA JAWA KELAS V MI MA'ARIF NU BANTERAN

ANNISA, INDIRANI RAHAYU (2024) IMPLEMENTASI METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS AKSARA JAWA KELAS V MI MA'ARIF NU BANTERAN. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ANNISA INDIRANI RAHAYU_IMPLEMENTASI METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS AKSARA JAWA KELAS V MI MA'ARIF NU BANTERAN.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya respons terhadap upaya pendidik dalam mengimplementasikan metode pembelajaran yang inovatif, yakni metode drill pada pembelajaran membaca dan menulis aksara Jawa. Metode drill diterapkan untuk mengatasi kesulitan yang dialami siswa MI kelas tinggi dalam menguasai keterampilan membaca dan menulis aksara Jawa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses implementasi dari pembelajaran membaca dan menulis aksara Jawa menggunakan metode drill di madrasah ibtidaiyah. Penelitian ini didasarkan pada teori belajar behavioristik. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VC MI Ma’arif NU Banteran tahun pelajaran 2023/2024. Untuk memeriksa keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa implementasi metode drill dalam pembelajaran membaca dan menulis aksara Jawa terbagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap perencanaan meliputi persiapan RPP, mempersiapkan peserta didik sebelum belajar, adanya fasilitas belajar yang lengkap serta pemilihan metode hingga teknik evaluasi yang tepat; tahap pelaksanaan meliputi kegiatan pendahuluan berupa apersepsi pembelajaran; kegiatan inti terdiri dari pengenalan aksara Jawa, latihan menulis aksara Jawa secara berulang kali, membaca teks sederhana, dan menyusun kalimat sederhana yang dilakukan dengan berbagai teknik atau strategi, seperti membuka atau menutup buku, menggunakan media pembelajaran menarik, permainan kelompok, dan sistem tunjuk siswa; kegiatan penutup berupa penarikan kesimpulan materi; lalu tahap evaluasi meliputi tes tertulis dan tes lisan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Implementasi, Metode Drill, Pembelajaran Membaca dan Menulis, aksara Jawa.
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ANNISA INDIRANI RAHAYU
Date Deposited: 09 Oct 2024 02:11
Last Modified: 09 Oct 2024 02:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27185

Actions (login required)

View Item View Item