MANAJEMEN KURIKULUM AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH ASWAJA DI MI MA’ARIF NU 03 PASIR KIDUL, KECAMATAN PURWOKERTO BARAT, KABUPATEN BANYUMAS

Cintia, Nur Aisah (2024) MANAJEMEN KURIKULUM AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH ASWAJA DI MI MA’ARIF NU 03 PASIR KIDUL, KECAMATAN PURWOKERTO BARAT, KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Cintia Nur Aisah_Manajemen Kurikulum Ahlussunah Wal Jama'ah (Aswaja) di MI Ma'arif NU 03 Pasir Kidul, Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK : Pendidikan memiliki tujuan dasar berupa perubahan yang diinginkan dan diusahakan dalam proses pendidikan, baik sikap maupun tingkah laku peserta didik dalam kehidupan maupun bermasyarakat sehingga dapat tercapai perubahan yang positif dalam berbagai aspek kehidupan. Oleh karena itu, madrasah menerapkan manajemen kurikulum aswaja guna untuk meningkatkan prestasi akademik, dan mengembangkan karakter islami yang berpedoman pada ahlussunnah wal jamaah. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Subjeknya meliputi kepala madrasah, guru dan siswa. Data penelitian yang diperoleh melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis data peneliti menggunakan triangulasi. Dan uji keabsahan datanya menggunakan Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kurikulum aswaja sudah tergolong baik, di buktikan dengan adanya perencanaan yang matang seperti ditetapkannya perumusan tujuan Pelajaran, isi atau bahan, strategi pelaksanaan, dan penilaian. Pengorganisasian manajemen kurikulum aswaja sudah terstruktur dengan baik, dalam hal ini melibatkan struktur organisasi dengan kepala madrasah sebagai penanggung jawab pelaksana dan dibentuknya tim pengembangan kurikulum. Pelaksanaan manajemen kurikulum aswaja telah tersusun dan terarah, dalam hal ini meliputi : Menyusun silabus dan RPP, penilaian dan metode pembelajaran. Evaluasi manajemen kurikulum aswaja dilaksanakan setiap tahun dua kali yaitu dilaksanakan pada awal tahun ajaran dan akhir tahun ajaran. Dalam evaluasi terdapat dua jenis penilaian yaitu tes tertulis dan tes praktek. Kata Kunci : Manajemen, Kurikulum, Kurikulum Ahlussunnah wal jama’ah (Aswaja)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Kurikulum, Kurikulum Ahlussunnah wal jama’ah (Aswaja)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
400 Language > 406 Organizations and management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Cintia Nur Aisah
Date Deposited: 08 Oct 2024 04:08
Last Modified: 08 Oct 2024 04:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27179

Actions (login required)

View Item View Item