STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK ANAK TUNANETRA DI SMP MUHAMMADIYAH 2 PURWOKERTO

Wiva, Qurrota A'yuni (2024) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK ANAK TUNANETRA DI SMP MUHAMMADIYAH 2 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
WIVA QURROTA A'YUNI_STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK ANAK TUNANETRA DI SMP MUHAMMADIYAH 2 PURWOKERTO.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam proses pendidikan untuk anak tunanetra memerlukan pelayanan yang spesifik dan berbeda dengan anak normal pada umumnya dan dibutuhkan suatu strategi sesuai dengan kebutuhan anak tunanetra. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak anak tunanetra di SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto 2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pembinaan akhlak anak tunanetra di SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan (verifikasi). Teknik pemeriksaan validasi data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, dalam membina akhlak anak tunanetra di SMP Muhammadiyah 2 Purwokerto dilakukan melalui pembelajaran di dalam kelas dan diluar kelas. Melalui pembelajaran di dalam kelas guru Pendidikan Agama Islam menggunakan strategi keteladanan, strategi pembiasaan dan strategi pemberian nasehat. Kemudian melalui pembelajaran di luar kelas terdapat beberapa kegiatan pembiasaan yang dapat membantu membina akhlak anak tunanetra diantaranya melalui kegiatan gerakan 5 S, kegiatan solat dhuhur berjamaah dan kegiatan solat dhuha. Faktor pendukung pembinaan akhlak anak tunanetra berupa keteladanan guru dan motivasi guru. Faktor penghambatnya berupa kepribadian anak, dan lingkungan pergaulan. Kata Kunci: Strategi Guru PAI, Pembinaan Akhlak, dan Anak Tunanetra.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Strategi Guru PAI, Pembinaan Akhlak, dan Anak Tunanetra.
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.11 Akhlak berdasarkan naqli
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: WIVA QURROTA A'YUNI WIVA QURROTA A'YUNI
Date Deposited: 09 Oct 2024 02:13
Last Modified: 09 Oct 2024 02:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27177

Actions (login required)

View Item View Item