PENANAMAN KARAKTER BAGI SISWA TUNAGRAHITA MELALUI FILM MIRACLE IN CELL NO.7 PADA PEMBELAJARAN PAI DI SLBN PURBALINGGA

Laelin, Fajri Novriana (2024) PENANAMAN KARAKTER BAGI SISWA TUNAGRAHITA MELALUI FILM MIRACLE IN CELL NO.7 PADA PEMBELAJARAN PAI DI SLBN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Laelin Fajri Novriana_Penanaman Karakter Bagi Siswa Tunagrahita Melalui Film Miracle in Cell No. 7 Pada Pembelajaran PAI di SLBN Purbalingga.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penanaman karakter merupakan usaha yang dilakukan untuk menanamankan suatu karakter yang bertujuan untuk membentuk kepribadian anak agar dapat mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya sehingga menjadi pribadi yang berakhlak mulia, berkualitas, jujur, bertanggung jawab, dan mentaati aturan. Karakter yang baik dapat ditanamkan kepada setiap individu tanpa adanya perbedaan antara anak yang perkembangannya normal dengan anak yang mengalami cacat fisik maupun mental. Penanaman karakter dapat menggunakan bantuan media komunikasi film. Dimana karakter tokoh dalam film dapat dijadikan contoh dalam membentuk karakter siswa melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah. Salah satu film yang dapat digunakan sebagai media pembentukan karakter yaitu film Miracle in Cell No. 7. Banyak nilai karakter pada tokoh utama film tersebut sehingga dapat dijadikan acuan pembetukan karakter dalam dunia pendidikan khususnya bagi siswa berkebutuhan khusus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakter tokoh Dodo Rozak dalam film Miracle in Cell No. 7 dan menganalisis bagaimana penanaman karakter tokoh tersebut bagi siswa tunagrahita pada pembelajaran PAI di SLBN Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter pada tokoh Dodo Rozak seperti religius dan toleransi, tanggung jawab, pekerja keras, mandiri, baik dan ramah, ceria, gemar membaca, kreatif, selalu membantu orang lain, bersahabat/komunikatif, jujur dan penyayang dapat diinternalisasikan kepada siswa tunagrahita melalui pembelajaran PAI di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penanaman Karakter, Tunagrahita, Film, Pembelajaran PAI
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Laelin Fajri Novriana
Date Deposited: 07 Oct 2024 04:11
Last Modified: 07 Oct 2024 04:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27172

Actions (login required)

View Item View Item