IMPLEMENTASI TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY (VR) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI PADA MATERI HAJI DAN UMRAH DI SMP NEGERI 2 SOKARAJA

Yulita, Indah Rizkiana (2024) IMPLEMENTASI TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY (VR) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI PADA MATERI HAJI DAN UMRAH DI SMP NEGERI 2 SOKARAJA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Yulita Indah Rizkiana_Implementasi Teknologi Virtual Reality sebagai Media Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti pada Materi Haji dan Umrah di SMP N 2 Sokaraja.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Dalam dunia pendidikan penggunaan teknologi telah menjadi bagian dari alat bantu yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Salah satunya teknologi Virtual Reality (VR) yang mampu memberikan pemahaman melalui penyajian tampilan visual, imersive dan interaktif. SMP Negeri 2 Sokaraja menjadi sekolah yang telah mengimplementasikan teknologi Virtual Reality (VR) ini sebagai media pembelajaran PAI dan Budi Pekerti pada materi haji dan umrah, teknologi ini dipilih sebagai alternatif pembaruan dalam proses pembelajaran yang masih monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan signifikansi terhadap ranah kognitif dan psikomotorik serta mengetahui proses Implementasi Teknologi Virtual Reality (VR) sebagai media pembelajaran PAI dan Budi Pekerti pada materi haji dan umrah di SMP Negeri 2 Sokaraja. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitiatif dengan bentuk penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya wawancara dengan beberapa sumber terkait, observasi lapangan dan dokumentasi. Dalam menguji keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya sebagai berikut: 1) Reduksi data, 2) Penyajian data, serta 3) Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini memperoleh hasil sebagai berikut 1) Implementasi teknologi Virtual Reality sebagai media pembelajaran PAI dan Budi Pekerti memnujukan sisi pentingnya dalam proses peningkatan pemahaman pada materi yang kompleks dengan menampilkan tampilan yang lebih visual, imersif dan interkasif sehingga memberikan kesempatan kepada peserta didik dalam mendapatkan pengalaman belajar dengan menjelahi setiap materi secara mendalam.2) Proses implementasi teknologi Virtual Reality sebagai media pembelajaran PAI dan Budi Pekerti pada materi haji dan umrah di SMP Negeri 2 Sokaraja secara keseluruhan sudah berjalan dengan baik. Peserta didik merasa antusias, semangat, dan termotivasi untuk mengikuti pembelajaran materi haji dan umrah ini. Namun demikian, ditemukan pula kendala yang terjadi dan masih perlu diatasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teknologi Virtual Reality (VR), Media Pembelajaran, Haji dan Umrah, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.15 Haji dan Umrah
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yulita Indah Rizkiana
Date Deposited: 04 Oct 2024 02:47
Last Modified: 04 Oct 2024 02:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27161

Actions (login required)

View Item View Item