IMPLEMENTATION OF ACTIVE LEARNING STRATEGIES IN FIQH LESSONS CLASS VIII AT MATHAYUM TUN (SMP) MA'HAD MESBAH EL-ULUM NARATHIWAT (SOUTHERN THAILAND)

Aduenan, Sutim (2024) IMPLEMENTATION OF ACTIVE LEARNING STRATEGIES IN FIQH LESSONS CLASS VIII AT MATHAYUM TUN (SMP) MA'HAD MESBAH EL-ULUM NARATHIWAT (SOUTHERN THAILAND). Skripsi thesis, UiN Prof.K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ADUENAN SUTIM_IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MATHAYUM TUN (SMP) MA'HAD MESBAH EL-ULUM NARATHIWAT (THAILAND SELATAN).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Strategi pembelajaran yang terpusat pada guru, atau yang lebih dikenal dengan strategi pembelajaran tradisional hanya akan mengembangkan sisi kognitif peserta didik. Sedangkan mengajar haruslah dapat mengembangkan seluruh pribadi peserta didik, yang meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Salah satu yang dapat dilakukan adalah penggunaan strategi pembelajaran aktif. Dengan belajar aktif berarti mereka secara aktif menggunakan otak untuk memunculkan ide dan mengembangkan kreatifitasnya untuk menyelesaikan permasalahan yang ada yang kemudian diaplikasikan dalam kehidupan nyata. Peserta didik juga diajak untuk turut serta dalam semua proses pembelajaran, tidak hanya mental akan tetapi juga melibatkan fisik. Dengan cara ini biasanya peserta didik akan merasakan suasana yang lebih menyenangkan sehingga hasil belajar dapat dimaksimalkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kejelasan dan kepastian yang nyata mengenai implementas strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran Fiqih di Mathayum Tun (Smp) Ma'hadMesbah El-Ulum Narathiwat (Thailand Selatan). Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif, yaitu penelitian untuk mengumpulkan infomasi mengenai keadaan yang ada pada saat penelitian dilakukan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dukumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan selama di lapangan medel Miles and Huberman, yaitu dengan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), Conclusion Drawing/ Verification (Penarikan Kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pembelajaran aktif yang digunakan adalah Reading guide (Panduan membaca), Index Card Match (Mencari Pasangan), True Or fase (Benar atau Salah), Card sort (Sortir Kartu), The Study Group (Kelompok Belajar). Implementasi strategi pembelajaran aktıf tersebut sudah tepat, karena sudah sesuai dengan materi pelajaran dan keadaan atau kondisi peserta didik, terlihat dari keantusiasan peserta didik saat mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Aktif, Mata Pelajaran Fiqih kelas VIII,
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah
2x4. Fiqih > 2x4.9 Aspek Fiqih lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aduenan Sutim
Date Deposited: 04 Oct 2024 06:48
Last Modified: 04 Oct 2024 06:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27156

Actions (login required)

View Item View Item