STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM SUKSESI PROGRAM LITERASI MEMBACA DI SD NEGERI 2 SOKAYASA KECAMATAN BANJARNEGARA

INDAH, KUSUMA WARDANI (2024) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM SUKSESI PROGRAM LITERASI MEMBACA DI SD NEGERI 2 SOKAYASA KECAMATAN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Skripsi-Indah Kusuma Wardani-1817401020.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Pembiasaan membaca untuk siswa SD sedini mungkin dapat diterapkan pada lingkungan sekolah, sehingga diperlukan adanya upaya strategi dari kepala sekolah dalam menjalankan program literasi membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam suksesi program literasi membaca di SD Negeri 2 Sokayasa Kecamatan Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi yang diteliti adalah di SD Negeri 2 Sokayasa Kecamatan Banjarnegara. Subjek penelitian meliputi: kepala sekolah, guru kelas, pustakawan, dan peserta didik. Hasil penelitian tentang strategi kepala sekolah dalam suksesi program literasi membaca yaitu 1. Perencanaan (Planning), Sekolah telah merencanakan program literasi dengan matang. Perencanaan ini melibatkan seluruh komponen sekolah, termasuk guru kelas, pustakawan, dan siswa. 2. Pengorganisasian (Organizing) ini memastikan bahwa semua pihak memiliki tanggung jawab yang jelas dalam pelaksanaan program. 3. Pengimplementasian (Actuating) program literasi menunjukkan bahwa siswa sangat antusias dalam memanfaatkan fasilitas yang tersedia. 4.Pengawasan (Controlling) evaluasi program menunjukkan bahwa sekolah telah melakukan pengawasan yang baik terhadap pelaksanaan program GLS. Secara keseluruhan, dengan pendekatan POAC, program GLS di SD Negeri 2 Sokayasa telah menunjukkan keberhasilan dalam meningkatkan minat dan kemampuan literasi siswa. Perencanaan yang matang, pengorganisasian yang baik, implementasi yang efektif, dan pengawasan yang ketat menjadi kunci keberhasilan program ini. Namun, untuk lebih meningkatkan dampak program, perlu dilakukan upaya perbaikan seperti peningkatan bimbingan bagi siswa kelas I dan II, pelibatan komite sekolah secara lebih aktif, dan pembaruan koleksi buku perpustakaan. Dengan upaya-upaya tersebut, program ini diharapkan dapat terus berkembang dan memberikan dampak yang lebih besar terhadap peningkatan kemampuan literasi dan pengembangan karakter siswa di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepala Sekolah, Program Literasi , Strategi, Suksesi.
Subjects: 000 Generalities > 020 Library and information sciences > 021 Library relationships
000 Generalities > 020 Library and information sciences > 026 Libraries for specific subjects
000 Generalities > 020 Library and information sciences > 028 Reading, use of other information media
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: INDAH KUSUMA WARDANI
Date Deposited: 07 Oct 2024 03:43
Last Modified: 07 Oct 2024 03:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27144

Actions (login required)

View Item View Item