PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KECEMASAN MATEMATIKA

Istikal, Fareza (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KECEMASAN MATEMATIKA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Istikal fareza_Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kecemasan Matematika.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan ilmu pengetahuan dengan ciri khasnya bersifat pasti sehingga kedudukan matematika sebagai ilmu pengetahuan dapat memberikan inspirasi dalam mengembangkan dasar pemikiran. Sebagian siswa beranggapan bahwa matematika pelajaran yang sulit dampak dari hal tersebut dapat menimbulkan rasa cemas ketika belajar matematika. Kecemasan matematika yang dialami oleh siswa ketika belajar matematika di MTs Ma’arif NU 02 Taraban. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bahwa model pembelajaran matematika realistik berpengaruh positif atau negatif terhadap kecemasan matematika. Salah satu model pembelajaran matematika yaitu model pembelajaran matematika realistik. Model pembelajaran matematika realistik adalah suatu model pembelajaran matematika yang di dalam pembelajaran melibatkan masalah di kehidupan sehari hari sehingga siswa siswi dapat menyelesaikan masalah dengan melihat kejadian fakta yang ada di lingkungan sekitar. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Ma’arif NU 02 Taraban yang berjumlah 46 siswa. Pengumpulan data melalui angket kecemasan matematika, Analisis data menggunakan statistik deskriptif; N-gain peningkatan (N-Gain), NGain penurunan (N-Gain Terbalik), nilai rata-rata pre-test, post-test, dan kategori kecemasan matematika. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata pre-test yaitu 56,64 yang termauk kategori tinggi dan nilai rata-rata post-test yaitu 36,85 termasuk kategori sedang, rata-rata N-Gain -0,66 yang artinya terjadi penurunan kecemasan matematika, rata-rata N-Gain Terbalik -0,66 terjadi penurunan juga. Jadi kesimpulannya bahwa model pembelajaran matematika realistik berpengaruh positif terhadap kecemasan matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik, Kecemasan Matematika, Kecemasan Positif
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Tadris Matematika
Depositing User: ISTIKAL FAREZA
Date Deposited: 27 Sep 2024 06:27
Last Modified: 27 Sep 2024 06:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27126

Actions (login required)

View Item View Item