PENGARUH GAYA BELAJAR DAN KEYAKINAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DI SMK CITRA BANGSA MANDIRI PURWOKERTO

Maulida, Khoerumuzanah (2024) PENGARUH GAYA BELAJAR DAN KEYAKINAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DI SMK CITRA BANGSA MANDIRI PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
MAULIDA KHOERUMUZANAH_PENGARUH GAYA BELAJAR DAN KEYAKINAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DI SMK CITRA BANGSA MANDIRI PURWOKERTO.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh gaya belajar dan keyakinan matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMK Citra Bangsa Mandiri Purwokerto. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X Asisten Keperawatan SMK Citra Bangsa Mandiri yang berjumlah 111 siswa berdasarkan rumus Slovin, yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Adapun pengumpulan data melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis serta angket gaya belajar dan keyakinan matematika. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linier sederhana dengan uji statistik t. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Terdapat perbedaan pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMK Citra Bangsa Mandiri Purwokerto. Hal ini berdasarkan nilai t_hitung= 3,085>t_tabel= 1,988 dan nilai Sig.0,003<0,05 , selain itu persamaan regresi Y ̂=77,602+0,183X_1. 2) Terdapat pengaruh keyakinan matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMK Citra Bangsa Mandiri Purwokerto. Hal ini berdasarkan nilai t_hitung= 2,797>t_tabel=1,988 dan nilai Sig.0,006<0,05, selain itu persamaan regresi Y ̂=76,750+0,198X_2. Artinya variabel gaya belajar dan keyakinan matematika memiliki pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Jadi semakin siswa mengetahui gaya belajar dan memiliki keyakinan matematika akan tinggi pula kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Besar pengaruh bedasarkan koefisien determinasi berganda sebesar 15,2% sehingga 84,8% kemampuan pemecahan masalah matematis dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Keyakinan Matematika.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Maulida khoerumuzanah
Date Deposited: 27 Sep 2024 06:29
Last Modified: 27 Sep 2024 06:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27124

Actions (login required)

View Item View Item