PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP AL-IRSYAD PURWOKERTO

Laelatul, Apriliani (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP AL-IRSYAD PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Laelatul Apriliani_Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Al-Irsyad Purwokerto..pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kurangnya kemampuan pemahaman konsep matematisi siswa. Berdasarkan hal tersebut maka dipilih model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament untuk mengatasi kurangnyaa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Al-Irsyad Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis penelitian eksperimen semu, karena ada perlakuan yang diberikan dan desain yang digunakan adalah Pretest dan Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al-Irsyad Purwokerto yang terdiri dari 10 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik purpose sampling, dimana teknik pemilihan sampel yang dilakukan secara sengaja berdasarkan pertimbangan tertentu. Terpilihlah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 siswa, dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol dengan jumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Pretest dan Posttest. Data yang terkumpul kemudian dianalis nilai N-Gainnya. Hasil N-Gain kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 0,71 masuk dalam kategori tinggi, dan nilai N-Gain kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 0,36 masuk dalam kategori sedang. Sehingga peningkatan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji-t terhadap hasil Posttest yang telah dilakukan, nilai Sig. 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemahamn konsep matematis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament berpengaruh terhadap meningkatnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep Matematis, Pembelajaran Kooperatif, Team Games Tournament
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Laelatul Apriliani
Date Deposited: 27 Sep 2024 06:31
Last Modified: 27 Sep 2024 06:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27122

Actions (login required)

View Item View Item