Ernawati, Ernawati (2024) PENANAMAN BUDAYA AKADEMIK SISWA MELALUI HIPNOTERAPI (Studi Kasus pada Madrasah Aliyah Swasta di Kabupaten Banyumas). Doctoral thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
ERNAWATI_PENANAMAN BUDAYA AKADEMIK SISWA MELALUI HIPNOTERAPI (STUDI KASUS PADA MADRASAH ALIYAH SWASTA DI KABUPATEN BANYUMAS (1).pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) proses atau implementasi penanaman budaya akademik siswa melalui hipnoterapi pada Madrasah Aliyah swasta di kabupaten Banyumas, (2) dampak hipnoterapi bagi penanaman budaya akademik siswa Madrasah Aliyah Swasta di Kabupaten Banyumas, (3) metode hipnoterapi dalam menanamkan budaya akademik siswa Madrasah Aliyah swasta di Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif, dengan alur pemikiran deduktif. Subjek penelitian adalah siswa kelompok atas, menengah dan bawah pada MA Miftahussalam Banyumas, MA Muhammadiyah Pekuncen, MA maarif NU 1 Kebasen, MA Maarif Hidayatul Mubtadiin, kepala madrasah di 4 (empat) Madrasah Aliyah swasta di Kabupaten Banyumas dan praktisi hipnoterapi, sampel diambil dengan teknik purposive sample. Instrumen penelitian ini adalah manusia yang ditempuh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif dengan menggunakan catatan lapangan, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Keabsahan data diperoleh melalui teknis triangulasi metode, sumber dan waktu. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa proses atau implementasi hipnoterapi dilaksanakan melalui tahapan; (1) pengkondisian siswa; (2) pemetaan siswa berdasar kriteria tertentu; (3) review hasil pemetaan; (4) tindakan hipnoterapi, meliputi tahap pra induksi, Induksi, Deepening, Depth level test, Termination, dan Post hypnotic behavior. Dampak hipnoterapi bagi penanaman budaya akademik siswa berpengaruh secara maksimal pada siswa kelompok atas di keempat madrasah. Pada kelompok menengah berpengaruh maksimal pada ketiga madrasah namun pada MA Hidayatul Mubtadiin di sebagian kelompok menengah pengaruh sugesti kurang stabil. Pada sebagian kelompok bawah di ketiga madrasah, hipnoterapi berpengaruh maksimal, namun kurang maksimal pada sebagian yang lain. Pada MA Hidayatul Mubtadiin dampak hipnoterapi pada kelompok bawah berpengaruh akan tetapi kurang maksimal. Metode hipnoterapi dalam penanaman budaya akademik siswa dilakukan dengan cara pemberian sugesti, terapi dan motivasi.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Budaya akademik, Hipnoterapi, Siswa, Madrasah Aliyah |
Subjects: | 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial |
Divisions: | Doktoral (S3) Islamic Interdisiplinary |
Depositing User: | Ernawati Ernawati |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 03:25 |
Last Modified: | 10 Apr 2025 02:52 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27120 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |