KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DALAM MENGELOLA PONDOK PESANTREN (STUDI DI PONDOK PESANTREN AR-ROHMAN DESA KALIKABONG KALIMANAH PURBALINGGA)

Adilla, Yudik Alfath (2024) KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DALAM MENGELOLA PONDOK PESANTREN (STUDI DI PONDOK PESANTREN AR-ROHMAN DESA KALIKABONG KALIMANAH PURBALINGGA). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ADILLA YUDIK ALFATH_KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DALAM MENGELOLA PONDOK PESANTREN(STUDI DI PONDOK PESANTREN AR-ROHMAN DESA KALIKABONG KALIMANAH PURBALINGGA (1)-1.pdf

Download (953kB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan merupakan kemampuan seseorang untuk mengatur, mengarahkan suatu kebijakan untuk mencapai tujuan bersama. Kepemimpinan seringkali dihubungkan dengan laki-laki sedangkan perempuan bagi kebanyakan orang tidak pantas untuk duduk sebagai seorang pemimpin. Untuk menghapus semua itu, kini perempuan dapat menduduki sebagai pemimpin yang cerdas yang dapat memberikan kompetensinya dengan baik dan dapat mewujudkan organisasi atau institsusi yang dipegangnya berjalan dengan lancar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Kepemimpinan Perempuan Dalam Mengelola Pondok Pesantren Ar-Rohman Desa Kalikabong Kalimanah Purbalingga”. Tujuan penelitian ini adalah agar mengetahui bagaimana kepemimpinan perempuan dalam mengelola Pondok Pesantren Ar-Rohman Desa Kalikabong Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga. Jenis penelitian yang peneliti digunakan peneliti adalah penelitian lapangan dengan pendekatan yang digunakan yaitu metode kualitatif. Subyek dalam penelitian ini yaitu Ibu Hj. Nyai Siti Aminah selaku pengasuh pondok pesantren, Pak Ridho selaku pimpinan asrama pondok pesantren, Mahbub selaku pengurus pondok pesantren. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepemimpinan perempuan dalam mengelola Pondok Pesantren Ar-Rohman ini oleh Ibu Hj. Nyai Siti Aminah dengan karakteristiknya berpengaruh terhadap kecenderungan gaya yang bersifat demokratis. Ibu Hj. Nyai Siti Aminah selalu membagi tugas dan kekuasaan kepada seluruh staff pondok sehingga segala kegiatan mengenai pondok pesantren berjalan dengan lancar yang akhirnya dapat mewujudkan pengelolaan pondok yang baik dan terorganisir dan pondok pesantren Ar-Rohman Kalikabong berkembang dengan pesat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Perempuan, Pondok Pesantren
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.4 Kedudukan Wanita dalam Islam
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Adilla Yudik Alfath
Date Deposited: 19 Sep 2024 04:35
Last Modified: 19 Sep 2024 04:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27094

Actions (login required)

View Item View Item