MANAJEMEN KURIKULUM DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 01 BANYUMAS

Septiana Putri, Lestari (2024) MANAJEMEN KURIKULUM DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 01 BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
2017401048_SEPTIANA PUTRI LESTARI_ MANAJEMEN KURIKULUM MIN 01 BMS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak; Penelitian ini membahas manajemen kurikulum di MIN 01 Banyumas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagiaman manajemen kurikulum yang diterapkan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek yang diteliti. Pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Pada tahapan teknis analisis peneliti menggunakan Teknik reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa: manajemen kurikulum diawali dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam perencanaan MIN 01 banyumas melakukan diawal tahun ajaran baru, bersama tim penyusun yang terdiri dari kepala sekolah, waka kurikulum, beserta guru dan tenaga pendidik lainnya dengan aspek yang direncanakan yaitu merumuskan tujuan madrasah atau menetukan standar kompetensi lulusan antara lain penentuan perangkat ajar, alur tujuan pembelajaran, tujuan pembelajaran dan capaian pembelajaran. Tahap pengorganisasian dilakukan dengan membuat tim guru fasilitator fase untuk menentukan jadwal mengajar guru, jadwal Pelajaran serta jadwal tugas mengajar. Tahap pelaksanaan ini tidak hanya sampai pada tahap pengembangan kurikulum diimbangi dengan kesiapan dan tanggungjawab pendidik dalam menjalankan kurikulum.. Pada tahap evaluasi yang dilakukan tidak hanya evaluasi supervisi dari kepala sekolah tetapi adanya evaluasi rutin setiap bulan maupun mingguan untuk meningkatkan kualitas program sekolah selanjutnya. Hal hal yang dievaluasi diantaranya mulai dari evaluasi pelaksanaan kurikulum, efektivitas kurikulum, mengidentifikasi kendala kurikulum. Kesimpulan diatas manajemen kurikulum di MIN 01 Banyumas dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi sudah dilakukan dengan baik dan cukup efektif dilaksanakan. Namun masih ada yang perlu dikembangkan seperti kemampuan guru agar lebih kreatif dan inovatif dalam menyampaikan materi pembelajaran dan memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan karakter peserta didik. Kata Kunci; Manajemen, Kurikulum

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: manajemen, kurikulum
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Septiana Putri Lestari
Date Deposited: 18 Sep 2024 01:49
Last Modified: 18 Sep 2024 01:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27085

Actions (login required)

View Item View Item