KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 CIPARI KABUPATEN CILACAP

Nisfi, Laelatus Sunani (2024) KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 CIPARI KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nisfi Laelatus Sunani_Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Di SMP Negeri 1 Cipari Kabupaten Cilacap.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika jika ditinjau dari gaya belajar siswa di SMP Negeri 1 Cipari. Pemahaman konsep merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik karena dalam matematika mempelajari konsep-konsep yang saling terhubung dan berkesinambungan. Secara umum gaya belajar dibedakan menjadi tiga macam yaitu gaya belajar Visual, Auditori, dan Kinestetik. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu menggunakan kualitatif. Dengan metode deskriptif. Perolehan data dilakukan dengan cara observasi, angket penggolongan gaya belajar, tes, wawancara, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII-F di SMP Negeri 1 Cipari. Analisis data yang dilakukan menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa yang pertama siswa dengan gaya belajar Visual, subjek AZK sudah memahami semua indikator penerjemahan, penafsiran, dan ekstrapolasi, subjek KR dapat memenuhi indikator penafsiran dan ekstrapolasi, sedangkan subjek RA hanya memenuhi indikator penerjemahan saja. Yang kedua siswa dengan gaya belajar Auditori, subjek AA memahami semua indikator penerjemahan, penafsiran, dan ekstrapolasi. Subjek BAN dapat memenuhi indikator penerjemahan dan penafsiran, subjek DAP juga dapat memenuhi indikator penafsiran dan ekstrapolasi. Yang ketiga siswa dengan gaya belajar Kinestetik, subjek NKR sudah memahami semua indikator penerjemahan, penafsiran, dan ekstrapolasi, subjek MBR dapat memenuhi indikator penerjemahan dan ekstrapolasi, sedangkan subjek AP hanya dapat memenuhi indikator penerjemahan saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar, Matematika, Pemahaman Konsep.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Nisfi Laelatus Sunani
Date Deposited: 11 Sep 2024 02:38
Last Modified: 11 Sep 2024 02:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27057

Actions (login required)

View Item View Item