PERAN GURU DALAM MENGOPTIMALKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI DI TK MUSLIMAT NU DIPONEGORO 47 SOKAWERA, KECAMATAN CILONGOK, KABUPATEN BANYUMAS

Koningahtul, Mansyuroh (2024) PERAN GURU DALAM MENGOPTIMALKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI DI TK MUSLIMAT NU DIPONEGORO 47 SOKAWERA, KECAMATAN CILONGOK, KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_2017406013_KONINGAHTUL MANSYUROH.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Guru adalah komponen penting dalam pendidikan, karena perannya sebagai pendidik, pemacu, perantara, pengelola kelas, motivator, fasilitator, demonstrator, inspirator, mentor, model, dan masih banyak lagi. Hal tersebut membuat peran guru sangat penting terutama untuk mengembangkan berbagai aspek kecerdasan, salah satunya adalah kecerdasan interpersonal. Kecerdasan interpersonal merupakan kemampuan seseorang untuk memahami dan berinteraksi dengan orang lain secara efektif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dalam penelitian ini peneliti mendeskripsikan kejadian atau fenomena yang terjadi dari data lapangan. Metode pengumpulan datanya menggunakan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan melalui reduksi data, data display, penarikan kesimpulan, dan uji keabsahan data dengan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pentingnya peran guru dalam mengoptimalkan kecerdasan interpersonal anak usia dini di TK Muslimat NU Diponegoro 47 Sokawera, di antaranya:1) Peran guru sebagai pendidik untuk mengoptimalkan kecerdasan interpersonal anak sehingga anak mampu mempunyai banyak teman, 2) Peran guru sebagai mentor memberi pengarahan atau bimbingan untuk mencapai kepercayaan diri anak menjadi seorang pemimpin, 3) Peran guru sebagai model untuk menjadi contoh sehingga anak dapat menjadi pengamat dan motivator, dan 4) Peran guru sebagai motivator untuk mengembangkan rasa empati dan mengoptimalkan kepekaan anak terhadap orang lain. Kata kunci: Anak Usia Dini, Guru, Interpersonal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: nak Usia Dini, Guru, Interpersonal.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: KONINGAHTUL MANSYUROH
Date Deposited: 11 Sep 2024 07:40
Last Modified: 11 Sep 2024 07:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27053

Actions (login required)

View Item View Item