PROGRAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN MELALUI METODE UMMI BAGI SISWA KELAS 3 MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA

Tsalsabilla, Zein Mufidah (2024) PROGRAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN MELALUI METODE UMMI BAGI SISWA KELAS 3 MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Tsalsabilla Zein Mufidah_Program Peningkatan Kemampuan Membaca AL-Qur'an Melalui Metode Ummi Bagi Siswa Kelas 3 MI Istiqomah Sambas Purbalingga.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Lembaga pendidikan pasti memiliki program pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas peserta didik. MI Istiqomah Sambas Purbalingga adalah salah satu lembaga pendidikan Islam swasta yang mengutamakan pembelajaran Al-Qur’an. Yang menjadi program unggulannya yaitu pembelajaran Qiroatul Qur’an dengan menggunakan metode ummi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode ummi bagi siswa kelas 3 di MI Istiqomah Sambas Purbalingga. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif atau penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari, kepala sekolah, kepala bidang keagamaan, koordinator guru kelas 3, guru metode ummi dan siswa kelas 3. Teknik analisis data yang digunakan adalah koleksi data, verifikasi data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dengan menggunakan metode tersebut, hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan program Qiroatul Qur’an melalui metode ummi bagi siswa kelas 3 di MI Istiqomah Sambas Purbalingga telah berkontribusi positif dalam peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Pendekatan yang dipakai untuk penerapan metode ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan bahasa ibu, yang meliputi belajar secara langsung, diulang-ulang dan dengan kasing sayang yang tulus layaknya seorang ibu mengajar anaknya. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan melalui 7 tahapan pembelajaran, yaitu pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan, evaluasi dan penutup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Program, Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Metode Ummi
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Tsalsabilla Zein Mufidah
Date Deposited: 11 Sep 2024 06:26
Last Modified: 11 Sep 2024 06:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27049

Actions (login required)

View Item View Item