IMPLEMENTASI BUKU ANAK ISLAM GEMAR MEMBACA DALAM MENSTIMULASI KECERDASAN LINGUISTIK SISWA PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEBAHASAAN DI TK DIPONEGORO 02 KARANGJABMU PURWANEGARA PURWOKERTO

Wafa, Amalia Annisa (2024) IMPLEMENTASI BUKU ANAK ISLAM GEMAR MEMBACA DALAM MENSTIMULASI KECERDASAN LINGUISTIK SISWA PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEBAHASAAN DI TK DIPONEGORO 02 KARANGJABMU PURWANEGARA PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN. Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Wafa Amalia Annisa_Implementasi Buku Anak Islam Gemar Membaca dalam Menstimulasi Kecerdasan Linguistik Siswa pada Kegiatan Ekstrakurikuler Kebahasaan di TK Diponegoro 02 Karangjambu Purwanegara Purwokerto.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi buku Anak Islam Gemar Membaca (AIGM) dalam menstimulasi kecerdasan linguistik siswa pada kegiatan ekstrakurikuler kebahasaan di TK Diponegoro 02 Karangjambu Purwanegara Purwokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah buku AIGM, guru, dan anak TK/PAUD, sedangkan objek penelitian ini adalah implementasi buku AIGM untuk stimulasi kecerdasan linguistik pada kegiatan ektrakurikuler kebahasaan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa buku AIGM memang berfokus pada membaca kata, tetapi guru memanfaatkan buku tersebut untuk menstimulasi kecerdasan linguistik dengan menggunakan 3 teknik yaitu teknik private, teknik menunjuk satu per satu, dan teknik menghapus kata. Dari hasil observasi dan wawancara penulis menemukan bahwa dari ketiga teknik ini membantu anak untuk menstimulasi kecerdasan linguistik. Teknik private memungkinkan pembelajaran yang sangat terfokus dan individual, teknik menunjuk satu per satu memastikan keterlibatan semua anak, dan teknik menghapus kata mendorong daya pikir anak dan memperluas kosakata. Dengan mengombinasikan ketiga teknik ini, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, membantu menstimulasi kecerdasan linguistik anak berupa keterampilan berbahasa dengan lebih baik. Sementara itu, faktor pendukung dalam penerapan buku AIGM ialah kebijakan sekolah, kompetensi guru, dan siswa (AUD). Sedangkan faktor penghambat dari penerapan buku AIGM ini ialah partisipasi orang tua yang terbatas, keterbatasan buku AIGM yang hanya dipakai di sekolah saja, dan kurangnya tenaga pendidik yang mengajar di sekolah. Cara guru mengatasi faktor penghambatnya ialah dengan mengadakan kolaborasi dengan orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Linguistik, Buku AIGM, Anak Usia Dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: sdri Wafa Amalia Annisa
Date Deposited: 07 Oct 2024 04:13
Last Modified: 07 Oct 2024 04:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27047

Actions (login required)

View Item View Item