IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FIQIH PADA KURIKULUM MERDEKA DI MI MUHAMMADIYAH SAWAL SIGALUH BANJARNEGARA

Dani, Ad`ha Feriana (2024) IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FIQIH PADA KURIKULUM MERDEKA DI MI MUHAMMADIYAH SAWAL SIGALUH BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
DANI AD`HA FERIANA_IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FIQIH PADA KURIKULUM MERDEKA DI MI MUHAMMADIYAH SAWAL SIGALUH BANJARNEGARA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Model problem based learning (PBL) yaitu Definisi model problem based learning yaitu model aktivitas belajar bermula dari permasalahan sehingga siswa bisa belajar dengan kooperatif. Pembelajaran dilakukan secara kelompok untuk memecahkan masalah dan untuk melatih pemikiran krisis dan analitik. Mampu menggunakan dan memanfaatkan sumber yang tepat. Pembelajaran ini melibatkan siswa untuk menyelesaikan masalah secara konseptual dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan implementasi model problem based learning dalam pembelajaran Fiqih pada Kurikulum Merdeka di MI Muhammadiyah Sawal Sigaluh Banjarnegara. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan yang dijelaskan dengan cara dideskripsikan,untuk jenis penelitiannya yaitu penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini pengambilan data yang dipakai menggunakan cara observasi,wawancara,dokumentasi. Hasil penelitian ini guru sudah menggunakan model problem based learning. Guru telah melakukan langkah-langkah dalam model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran fiqih, seperti pertama siswa disajikan suatu permasalahan, mendiskusikan masalah dalam kelompok kecil, siswa terlibat langsung dalam proses pencarian informasi hal ini bisa dicari di perpustakaan atau melakukan observasi diluar kelas, siswa saling berbagi informasi yang sudah didapat dari permasalahan tersebut, siswa mempresentasikan hasil diskusi dengan menyajikan solusi dari permasalahan, siswa mengulas kembali materi yang mereka pelajari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model problem based learning, pembelajaran fiqih, kurikulum merdeka
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: sdri Wafa Amalia Annisa
Date Deposited: 12 Sep 2024 06:53
Last Modified: 12 Sep 2024 06:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27046

Actions (login required)

View Item View Item