IMPLEMENTASI ASESMEN BERBASIS HIGH ORDER THINGKING SKILL PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII DI MTS RAUDLATUL HUDA ADIPALA CILACAP

Tri Sevani, Ramadhanti (2024) IMPLEMENTASI ASESMEN BERBASIS HIGH ORDER THINGKING SKILL PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII DI MTS RAUDLATUL HUDA ADIPALA CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Tri Sevani Ramadhanti_Implementasi Asesmen berbasis High Order Thingking.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan Pendidikan di zaman yang semakin maju membuat para guru berlomba-lomba dalam memajukan Pendidikan lebih berkualitas, unggul, progesif serta kritis. Bentuk upaya pemerintah dalam upayaa meningkatkan pendidikan di Indonesia dengan cara mewujudkan guru yang mampu mendidik, melatih sampai pada tahap kecerdasan yang berkualitas, serta mewujudkan budi pekerti yang baik bagi siswa. Mengapa sangat penting karena kedudukan seorang guru dewasa ini tuntutan siswa harus memiliki cara berpikir kritis agar bisa bersaing dengan negara lain. Namun nyatanya fakta di lapangan tidak semua guru mampu melakukan Instrumen Assesmen Berbasis HOTS, sehingga banyak siswa yang tidak memiliki pemikiran kritis. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Waka Kurikulum dan guru Akidah Akhlak. Hasil penelitian (1) Implementasi Asesmen berbasis High Order Thinking Skill (HOTS) pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak kelas VII di MTs Raudlatul Huda Adipala sudah sesuai dengan Taksonomi Bloom oleh Anderson & Krathwol pada tahun 2001 yang mengategorikan kemampuan proses menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta/mengkreasi (C6) termasuk dalam kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan mengimpplementasikannya dalam asessement summative dalam MTs Raudlatul huda. (2) Pelaksanaan program Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi di madrasah didasarkan pada CP dan ATP, disusun sesuai dengan kebutuhan siswa. Program ini dilaksanakan menggunakan berbagai media seperti proyektor LCD, speaker, dan laptop untuk memfasilitasi pembelajaran. Penilaian program ini didasarkan pada teori Bloom, yang menguraikan proses menganalisis, mengevaluasi, dan mengkritik Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. (HOTS). Guru bertanggung jawab untuk membimbing siswa dalam mengidentifikasi dan mengevaluasi HOTS, memastikan siswa dapat membuat solusi yang kritis, kreatif, dan efektif terhadap masalah yang siswa hadapi. Guru juga menyediakan berbagai bahan untuk dipilih oleh siswa, memastikan siswa dapat menyesuaikan diri dengan materi dan mencapai tujuan mereka. Guru juga menyediakan alat digital kepada siswa untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa. Pelaksanaan program ini merupakan langkah penting untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan siswa di bidang pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.12 Akhlak berdasarkan aqli
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tri Sevani Ramadhanti
Date Deposited: 18 Sep 2024 04:10
Last Modified: 18 Sep 2024 04:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27041

Actions (login required)

View Item View Item