PENANAMAN CINTA AL-QUR’AN MELALUI PROGRAM UNGGULAN KEAGAMAAN TAḤFIẒ AL-QUR’AN PADA KELAS 7F DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO

Elda, Pradana Tika (2024) PENANAMAN CINTA AL-QUR’AN MELALUI PROGRAM UNGGULAN KEAGAMAAN TAḤFIẒ AL-QUR’AN PADA KELAS 7F DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ELDA PRADANA TIKA_PENANAMAN CINTA AL-QUR’AN MELALUI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengaruh kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), terutama di kalangan remaja pada era digitalisasi secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi pola pikir, perilaku, dan gaya hidup mereka. Salah satu dampak signifikan yang muncul adalah pengaruh terhadap aktivitas keagamaan, seperti mengaji, yang berakibat pada penurunan karakter peserta didik dan penurunan rasa cinta terhadap Al-Qur’an. Sehingga diperlukan upaya untuk menanamkan cinta terhadap Al-Qur’an, seperti yang diimplementasikan di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto yaitu melalui program unggulan keagamaan taḥfiẓ Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman cinta Al-Qur’an melalui program unggulan keagamaan taḥfiẓ Al-Qur’an pada kelas 7F di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto yang dilaksanakan setiap pagi hari pukul 07.30-09.00 WIB sebelum pembelajaran dimulai. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan dekriptif kualitatif. Pengumpulan data penelitian dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data penelitian dilakukan analisis menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa upaya penanaman cinta Al-Qur’an melalui program unggulan keagamaan taḥfiẓ Al-Qur’an pada kelas 7F di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto terbagi menjadi dua; pertama, kegiatan utama dari delapan indikator hanya menerapkan empat indikator yaitu, mendengarkan, membaca, menghafal, dan mempelajari isi Al-Qur’an kemudian untuk indikator mendengarkan tersebut biasanya digabungkan antara (memperhatikan, memahami) sedangkan mentaddabburi dan menafsirkan belum diimplementasikan karena mengingat usia kelas VII SMP tidak memungkinkan untuk mentaddabburi dan menafsirkan. Kedua, kegiatana pendukung cinta Al-Qur’an yaitu; pendampingan muraja’ah hafalan, program outdoor, lomba terkait Al-Qur’an, dan pemberian reward.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cinta Al-Qur’an, program unggulan taḥfiẓ Al-Qur’an, metode taḥfiẓ Al-Qur’an
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.3 Tafsir Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: sdri. Elda Pradana Tika
Date Deposited: 06 Sep 2024 06:29
Last Modified: 06 Sep 2024 06:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27035

Actions (login required)

View Item View Item