SEJARAH PERKEMBANGAN GERAKAN SEPARATISME MORO NATIONAL LIBERATION FRONT (MNLF) DI FILIPINA SELATAN (1972-1996 M)

Mahmud, Maulana (2024) SEJARAH PERKEMBANGAN GERAKAN SEPARATISME MORO NATIONAL LIBERATION FRONT (MNLF) DI FILIPINA SELATAN (1972-1996 M). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MAHMUD MAULANA_SEJARAH PERKEMBANGAN GERAKAN SEPARATISME MORO NATIONAL LIBERATION FRONT (MNLF) DI FILIPINA SELATAN (1972-1996 M).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Gerakan separatis MNLF telah berdampak secara signifikan terhadap kehidupan bangsamoro. Meskipun mencapai perdamaian yang diinginkan oleh umat islam di filipina merupakan hal yang menantang atau sangat sulit terealisasi, namun kemajuan secara bertahap sedang dibuat. Skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana upaya MNLF dalam mengadvokasi Muslim moro di Filipina Selatan, dan menganalisis Faktor-faktor yang mempengaruhi perjuangannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustaka (library research). Adapun langkah- langkah yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: Heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi atau yang sering disebut dengan istilah metodologi penelitian sejarah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Gerakan Separatisme Moro National Liberation Front (MNLF) di Latar belakangi dari ketidakpuasan etnis Moro terhadap kebijakan pemerintah Filipina yang dianggap tidak adil dan diskriminatif. Kedua, MNLF telah mengalami berbagai tahap perkembangan, mulai dari perjuangan bersenjata, perpecahan internal, hingga keterlibatan dalam proses perdamaian. Perkembangan MNLF mencerminkan dinamika perjuangan panjang masyarakat Muslim Moro di Filipina Selatan. Ketiga, MNLF dalam memperjuangkan minoritas menuju perdamaian adalah bahwa gerakan MNLF berhasil mencapai beberapa perjanjian damai, seperti perjanjian tripoli (1976) dan perjanjian damai (1996). Adapun landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini didasarkan pada teori gerakan sosial Sydney Tarrow.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MNLF, Separatisme, Filipina Selatan.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.62 Organisasi Politik
2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.6 Perkembangan Islam di berbagai negeri setelah 1800
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Mahmud Maulana
Date Deposited: 06 Sep 2024 03:49
Last Modified: 09 Sep 2024 06:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27030

Actions (login required)

View Item View Item