PENINGKATAN KAPASITAS PELAKU USAHA MIKRO KECIL MENENGAH MELALUI PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL DI KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS

VIVI, ARIYANTI (2024) PENINGKATAN KAPASITAS PELAKU USAHA MIKRO KECIL MENENGAH MELALUI PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL DI KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Vivi Ariyanti_PENINGKATAN KAPASITAS PELAKU USAHA MIKRO KECIL MENENGAH MELALUI PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL DI KECAMATAN KA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Meninjau dari manfaatnya yang beragam, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan tulang punggung perekonomian di Indonesia. Saat ini, UMKM di Banyumas tengah mengalami stagnasi akibat keterbatasan distribusi produk pada konsumen. Adanya stagnasi tersebut dipicu oleh penggunaan pendekatan pemasaran yang masih manual. Akibatnya, pelaku UMKM hanya mampu mendistribusikan produknya pada pasar terdekat, agen maupun seles. Disisi lain, masyarakat telah berkembang dan berubah menjadi pragmatisme yang membuat mereka mengedepankan adanya kemudahan dan kesederhanaan pada proses transaksi. Kemudahan dan kesederhanaan tersebut merupakan fasilitasi dari teknologi digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kapasitas pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah melalui pendampingan pemanfaatan teknologi digital Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data-data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, ditemukan bahwa upaya peningkatan kapasitas pelaku UMKM dilakukan melalui beberapa tahap yakni tahap persiapan, tahap assesmen, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi tahap terminasi. Berangkat dari kegiatan tersebut, pelaku UMKM mengalami peningkatan pengetahuan, keterampilan dan infrastruktur yang berkaitan dengan teknologi digital. Penggunaan teknologi digital dalam UMKM merupakan suatu upaya pengembangan usaha karena dapat memperluas pasar, memudahkan berinteraksi dengan pelanggan serta penghematan biaya promosi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Kapasitas, UMKM, Teknologi Digital
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Vivi Ariyanti
Date Deposited: 14 Aug 2024 04:37
Last Modified: 14 Aug 2024 04:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26943

Actions (login required)

View Item View Item