IMPLEMENTASIMETODE EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN IPS DI MI MA’ARIF NU 02 TANGKISAN KECAMATAN MREBET KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

ALIFAH NURAENI, 1323305129 (2017) IMPLEMENTASIMETODE EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN IPS DI MI MA’ARIF NU 02 TANGKISAN KECAMATAN MREBET KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
ALIFAH NURAENI_IMPLEMENTASI METODE EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN IPS DI MI MAARIF NU 02 TANGKISA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (912kB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (360kB) | Preview

Abstract

Perencanaan yang dirancang atau didesain dengan baik dan matang tidak mungkin dan mustahil akan melenceng atau tidak sesuai dengan rancangan, karena implementasi ini telah di rencanakan sangat matang, seperti metode menjadi sarana dalam menyampaikan materi pelajaran yang tersusun dalam kurikulum yang sudah tersusun rapi. Disini guru harus kreatif dalam memilih metode yang akan digunakan, metode yang bisa membuat peserta didik bersemangat, antusias, dan terhibur dalam mengikuti pembelajaran. Bukan menjadikan peserta didik terbebani dan menjadikan pembelajaran sebagai momok yang menakutkan. Dengan begitu peserta didik bisa mendapatkan pengetahuan dengan baik dalam mengikuti pembelajaran dengan nyaman dan mampu menjadikan pengetahuan tersebut sebagai bagian dari kehidupan mereka. Implementasi Metode edutainment adalah rancangan yang telah dijalankan sepenuhnya dengan cara yang dibuat sedemikian rupa dalam pembelajaran yang membuat para siswa aktif dan nyaman ketika belajar di kelas. Demikian pula dalam pembelajaran IPS di MI Ma’arif NU 02 Tangkisan yang dibuat senyaman mungkin melalui metode edutainment sehingga materi dapat tersampaikan dengan menyenangkan. Persoalan yang akan dijawab pada penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi Metode Edutainment dalam Pembelajaran IPS di MI Ma’arif NU 02 Tangkisan Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2016/2017 ?” Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di MI Ma’arif NU 02 Tangkisan Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga. Subjek penelitian adalah kepala sekolah guru kelas dan siswa MI Ma’arif NU 02 Tangkisan. Metode penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah metode analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Metode Edutainment dalam Pembelajaran IPS di MI Ma’arif NU 02 Tangkisan dilakukan dengan memberikan pembelajaran yang mampu membuat siswanya nyaman dan senang mengikuti pembelajaran IPS. Karena dalam pembelajaran IPS di MI Ma’arif NU 02 Tangkisan guru telah menggunakan macam-macam metode yaitu: Active learning, melalui metode ceramah, demonstrasi dan tanya jawab, selain itu guru juga menggunakan metode SAVE (Somatic, Auditori, Visual dan Intelektual), humanizing the classroom, quantum learning, quantum teaching, dan role playing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Metode Edutainment, Pembelajaran IPS, MI Ma’arif NU 02 Tangkisan.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 28 Aug 2017 01:26
Last Modified: 28 Aug 2017 01:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2693

Actions (login required)

View Item View Item