ANALISIS PERILAKU PEDAGANG AYAM POTONG DALAM MENGGUNAKAN TIMBANGAN PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus Pasar Randudongkal Pemalang)

ASHAR, ROHMAN (2024) ANALISIS PERILAKU PEDAGANG AYAM POTONG DALAM MENGGUNAKAN TIMBANGAN PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus Pasar Randudongkal Pemalang). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ASHAR ROHMAN_ANALISIS PERILAKU PEDAGANG AYAM POTONG DALAM MENGGUNAKAN TIMBANGAN PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus Pasar Randudongkal Pemalang).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dalam kehidupan sosial, manusia membutuhkan interaksi dan kerjasama untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, salah satunya melalui aktivitas jual beli. Prinsip kejujuran dan keadilan dalam perdagangan sangat ditekankan dalam Islam, terutama dalam penggunaan alat ukur seperti timbangan yang vital dalam memastikan transaksi yang adil. Penelitian ini berfokus pada perilaku pedagang ayam potong di Pasar Randudongkal dalam penggunaan timbangan, yang menjadi simbol transparansi dan integritas dalam etika bisnis Islam. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perilaku pedagang ayam potong dalam menggunakan timbangan di Pasar Randudongkal dari perspektif Etika Bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitiannya adalah pedagang di Pasar Randudongkal Pemalang, sementara objeknya adalah perilaku pedagang ayam potong dalam menggunakan timbangan perspektif etika bisnis Islam. Data yang digunakan meliputi data primer dari wawancara, dokumentasi, dan observasi langsung, serta data sekunder dari buku, jurnal, artikel, dan berita. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber, teknik, dan waktu untuk memastikan validitas dan keandalan data yang diperoleh. Penelitian ini menghasilkan dua kesimpulan utama terkait perilaku pedagang ayam potong di Pasar Randudongkal dalam menggunakan timbangan. Pasar Randudongkal di Pemalang adalah pusat perdagangan ayam potong yang dinamis, di mana pedagang menjaga kualitas produk, bersikap ramah, menepati janji, memberikan pelayanan yang baik, dan bersaing secara sehat dengan mengedepankan nilai-nilai Islam. Meskipun tanpa pengetahuan formal tentang konsep etika bisnis Islam, pedagang secara alami menerapkan prinsip-prinsip tersebut dalam praktik sehari-hari seperti kesadaran akan prinsip ketauhidan, kesetimbangan, tanggungjawab, kebebasan dan prinsip ihsan. Kata Kunci : Etika Bisnis Islam, Timbangan, Ayam Potong, Pasar Randudongkal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis Islam, Timbangan, Ayam Potong, Pasar Randudongkal
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Salam dan Lelang)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ashar Rohman
Date Deposited: 30 Jul 2024 04:46
Last Modified: 30 Jul 2024 04:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26884

Actions (login required)

View Item View Item