PERAN KEPEMIMPINAN KIAI PADA PESANTREN MAHASISWA DALAM PENDIDIKAN LITERASI KEAGAMAAN SANTRI DI KABUPATEN BANYUMAS

Rahman, Afandi (2024) PERAN KEPEMIMPINAN KIAI PADA PESANTREN MAHASISWA DALAM PENDIDIKAN LITERASI KEAGAMAAN SANTRI DI KABUPATEN BANYUMAS. Doctoral thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Rahman_Disertasi-Fix-Lengkap.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pemimpin merupakan sosok yang memiliki kemampuan mengelola sebuah organisasi, terlebih pada Pesma yang memiliki karakter berbeda. Pesma, sebagai pesantren yang memberikan pendidikan kepada santri, dalam praktiknya memiliki corak yang berbeda dengan pesantren umum. Sosok pemimpin Pesma, yaitu kiai, sangat berperan terhadap pendidikan literasi keagamaan untuk santri, Hal ini perlu diteliti karena peran kiai sangat penting dalam proses pendidikan literasi keagamaan pada Pesma di Kabupaten Banyumas. Meskipun memiliki peran yang sama, Pesma-Pesma yang ada di Kabupaten Banyumas memiliki beberapa perbedaan dalam pelaksanaan dan hasilnya. Ada Pesma yang memiliki karakter kuat dalam bidang akhlak, sementara Pesma yang lain memiliki karakter yang kuat dalam bidang bahasa, dan lain sebagainya. Padahal, Kitab Kuning yang digunakan memiliki persamaan bentuk sebagai materi ajar. Oleh karena itu, kondisi ini menarik untuk dikaji. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan peran kepemimpinan kiai pada Pesma dalam pendidikan literasi keagamaan santri di Kabupaten Banyumas. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif-kualitatif dengan pendekatan sosial. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, wawancara, observasi dan angket. Data primer penelitian ini adalah hasil wawancara dan angket. Informan penelitian ini adalah kiai, pengurus, ustaz dan santri. Tahapan selanjutnya adalah validasi data dan dilanjukkan dengan analisis data. Hasil penelitian menemukan bahwa peran kepemimpinan kiai pada Pesma dalam pendidikan literasi keagamaan santri di Kabupaten Banyumas secara umum adalah sebagai role model (uswah hasanah), yang terbagi menjadi dua peran yaitu peran sebagai teacher dan peran sebagai manajer. Sebagai teacher, kiai memiliki subperan sebagai intellectual father yang berfungsi melakukan transfer of knowledge; dan subperan sebagai spiritual father yang berfungsi melakukan transfer of values. Sementara itu, sebagai manajer, kiai pada Pesma melakukan fungsi-fungsi manajemen, yaitu planning, organizing, actuating, and controlling. Berdasarkan fungsi-fungsi manajemen tersebut, dapat diketahui bahwa kiai Pesma memiliki peran sebagai konseptor, motivator, dinamisator, katalisator, stabilisator, dan supervisor. Dari sisi tipologi dan pendekatan yang digunakan, kepemimpinan kiai pada Pesma dalam pendidikan literasi keagamaan santri di Kabupaen Banyumas menggunakan gaya kepemimpinan demokratis-partisipatif dengan pendekatan humanistik-situasional. Pendidikan literasi keagamaan pada Pesma di Kabupaten Banyumas secara umum memiliki dua tujuan, yaitu tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Pada tujuan jangka pendek terlihat bahwa pendidikan literasi keagamaan santri diarahkan kepada kelulusan mahasiswa dalam Baca Tulis Al-Quran dan Praktik Pengamalan Ibadah (BTA-PPI). Pada tujuan jangka panjang terlihat bahwa pendidikan literasi keagamaan santri pada Pesma di Kabupaten Banyumas diarahkan kepada terwujudnya santri yang tafaqquh fi ad-din, dalam arti menguasai Kitab Kuning dan memiliki akhlakul karimah. Faktor-faktor pendukung keberhasilan peran kepemimpinan kiai pada Pesma dalam pendidikan literasi keagamaan santri di Kabupaten Banyumas adalah faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern adalah faktor yang muncul dari profil kiai itu sendiri, yaitu kapasitas kiai, sedangkan faktor ekstern adalah merupakan faktor yang muncul dari luar, seperti dukungan dari masyarakat, dan pemerintah, dan yang lain. Sementara itu, faktor penghambat keberhasilan tersebut adalah derasnya arus globalisasi-informasi yang kurang diimbangi dengan kesiapan Pesma untuk menghadapinya. Kata Kunci: Peran kepemimpinan kiai, pesantren mahasiswa, literasi keagamaan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.6 Organization of Education
Divisions: Doktoral (S3) Islamic Interdisiplinary
Depositing User: Rahman Afandi sdr
Date Deposited: 27 Jul 2024 01:22
Last Modified: 27 Jul 2024 01:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26878

Actions (login required)

View Item View Item