TRADISI WEDANG UBLEK PADA HAUL MBAH ABDUSSHOMAD JOMBOR DI DESA CIPETE KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS(KAJIAN ANALISIS MAKNA)

Farah Syiva, Sani (2024) TRADISI WEDANG UBLEK PADA HAUL MBAH ABDUSSHOMAD JOMBOR DI DESA CIPETE KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS(KAJIAN ANALISIS MAKNA). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Farah Syiva Sani_Tradisi Wedang Ublek Pada Haul Mbah Abdusshomad Jombor Di Desa Cipete, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas (Kajian Analisis Makna).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses tradisi wedang ublek yang ada di Desa Cipete, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Subjek penelitian ini adalah pihak-pihak yang terkait dalam memberikan informasi serta para pelaku yang masih melaksanakan tradisi wedang ublek. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian budaya yang melibatkan jenis penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori interpretasi dalam perspektif Paul Ricoeur. Data yang diperoleh melalui studi pustaka, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tradisi wedang ublek merupakan salah satu bagian kegiatan yang masih satu rangkaian dengan kegiatan haul Mbah Abdusshomad Jombor. Tradisi wedang ublek dilaksanakan pada hari tertentu, yakni setiap tanggal 14 Dzulhijjah bertepatan dengan peringatan haul Mbah Abdusshomad Jombor. Prosesi tradisi wedang ublek dilaksanankan setelah selesai melaksanakan ziarah kubur ke makam Mbah Abdusshomad Jombor. Dengan menyajikan hidangan berupa wedang ublek beserta pelengkapnya krawu dan sega aking. Selain itu, tradisi wedang ublek memiliki makna yang terkandung di dalamnya yaitu sebagai bentuk selametan dan doktrin cagak lek. Adanya selametan ini dijadikan sebagai bentuk syukuran, media untuk bersedekah, menjalin silaturrahmi dan sebagai simbol penolakan bala bagi yang mengadakannya. Kata kunci: Tradisi Wedang Ublek, Haul, Makna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tradisi Wedang Ublek, Haul, Makna
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.9 Adat Istiadat > 2x6.94 Adat Istiadat setempat
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Farah Syiva Sani sdri
Date Deposited: 24 Jul 2024 07:58
Last Modified: 24 Jul 2024 07:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26820

Actions (login required)

View Item View Item