PRAKTIK TRANSAKSI REKSA DANA SYARIAH PADA APLIKASI BIBIT (PT. BIBIT TUMBUH BERSAMA) PERSPEKTIF FATWA DSN-MUI NOMOR: 20/DSN-MUI/IV/2001

Estri, Isnaena (2024) PRAKTIK TRANSAKSI REKSA DANA SYARIAH PADA APLIKASI BIBIT (PT. BIBIT TUMBUH BERSAMA) PERSPEKTIF FATWA DSN-MUI NOMOR: 20/DSN-MUI/IV/2001. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
PRAKTIK TRANSAKSI REKSA DANA SYARIAH PADA APLIKASI BIBIT PERSPEKTIF FATWA DSN (1).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya Fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang telah mengizinkan investasi dalam reksa dana syariah melalui Fatwa DSN MUI No.20/DSN- MUI/IV/2001. Fatwa ini menjadi panduan penting dalam pelaksanaan investasi reksa dana syariah, asalkan mematuhi semua ketentuan yang tertera dalam fatwa tersebut. Ada beberapa penelitian sebelumnya yang menimbulkan pertanyaan terkait kepatuhan aspek hukum syariah dalam konteks saham yang dianggap syariah, padahal bank kustodian yang digunakan belum sepenuhnya berbasis syariahBerdasarkan uraian diatas peneliti ingin mengkaji ulang “Praktik Transaksi Reksa Dana Syariah pada Aplikasi Bibit (PT. Bibit Tumbuh Bersama) Perspektif Fatwa DSN-MUI No 20/DSNMUI/IV/2001. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research. Dengan pendekatan yuridis empiris. Data primer penelitian ini adalah wawancara dengan pengguna aplikasi Bbit , podcast chanel youtube resmi aplikasi Bibit dan bahan hukum Fatwa DSN-MUI Nomor: 20/DSN-MUI/ IV/ 2001. Data sekundernya meliputi jurnal ataupun artikel yang berkaitan dengan topik pembahasan. Teknik analisis data dilakukan analisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan praktik transaksi reksa dana melalui aplikasi Bibit memenuhi standar yang ditetapkan Fatwa DSN-MUI. Akad yang digunakan pada transaksi reksa dana syariah di aplikasi Bibit ada dua yaitu wakalah dan mudharabbah. Reksa Dana Syariah pada aplikasi Bibit melarang investasi pada perusahaan yang berbisnis bertentangan dengan Islam, seperti minuman keras, rokok, atau jasa keuangan yang melibatkan riba. Dengan demikian, investasi reksa dana syariah melalui Bibit dapat dianggap sesuai dengan prinsip-prinsip syariah Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Reksa Dana Syariah, aplikasi Bibit, Fatwa DSN-MUI Nomor: 20/DSN-MUI/IV/2001
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
Divisions: Pascasarjana > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Estri Isnaena
Date Deposited: 24 Jul 2024 07:34
Last Modified: 24 Jul 2024 07:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26801

Actions (login required)

View Item View Item