TIPE-TIPE KELUARGA DALAM AL-QUR'AN KAJIAN TAFSIR IBNU KATSIR ANALISIS PAUL RICOEOUR

Nisrina, Fauziya (2024) TIPE-TIPE KELUARGA DALAM AL-QUR'AN KAJIAN TAFSIR IBNU KATSIR ANALISIS PAUL RICOEOUR. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NISRINA FAUZIYA_TIPE-TIPE KELUARGA DALAM AL-QUR'AN KAJIAN TAFSIR IBNU KATSIR ANALISIS PAUL RICOEOUR.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Manusia diciptakan oleh Allah berpasang-pasangan agar dapat saling menyayangi, saling menerima dan memberi antara satu dengan yang lainnya, untuk memperoleh ketentraman jiwa dalam beribadah kepada Alloh SWT. Dalam rangka membina rumah tangga yang baik dan menentramkan umat islam telah diberi petunjuk yang temaktub dalam kitab suci Al-Qur’an, di dalamnya terdapat kisah-kisah dan berbagai tata cara dalam membina rumah tangga. Penelitian ini mencoba mendeskripsikan tipe-tipe keluarga dalam Al-Qur’an kemudian mencoba mengimplementasiikan dari kisah keluarga tersebut kedalam kehidupan sekarang untuk membangun keluarga yang ideal. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Objek studi dalam kajian ini adalah ayat-ayat Al-Qur’an. Olehnya itu, penulis menggunakan metode pendekatan tafsir Ibnu Katsir, dalam menganalisa data yang telah terkumpul, penulis menggunakan metode tematik karena pembahasannya berdasarkan tema-tema tertentu yang terdapat dalam al-Qur’an. Berdasarkan studi literatur ini dengan mempelajari sejarah yang tercatat dalam Al-Quran dan dilakukan terhadap tafsir Ibnu Katsir, ada empat tipe-tipe keluarga dalam Al-Qur’an: (1) Mukmin–Mukmin, (2) Mukmin–Kafir, (3) Kafir–Mukmin, (4) Kafir–Kafir Kata kunci : Tipe -tipe keluarga dalam Al-Qur’an, Tafsir Ibnu Katsir, beriman, tidak beriman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tipe -tipe keluarga dalam Al-Qur’an, Tafsir Ibnu Katsir, beriman, tidak beriman
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.3 Tafsir Al Qur'an > 2x1.32 Tafsur Sunni (Tahlili, Bil Ma'tsur, Bir Ra'yi, Falsafi, Sufi)
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.6 Kandungan Al Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Ilmu Al Quran dan Tafsir
Depositing User: Nisrina fauziya sdri
Date Deposited: 24 Jul 2024 07:52
Last Modified: 24 Jul 2024 07:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26796

Actions (login required)

View Item View Item