PENGEMBANGAN KECERDASAN MAJEMUK ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL (STUDI KOMPARATIF DI TK PERTIWI KARANGRAU DAN RA MUSLIMAT NU 1 SOKARAJA KULON KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS)

Sinta, Miftakhul Janah (2024) PENGEMBANGAN KECERDASAN MAJEMUK ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL (STUDI KOMPARATIF DI TK PERTIWI KARANGRAU DAN RA MUSLIMAT NU 1 SOKARAJA KULON KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS). Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Sinta Miftakhul Janah_Pengembangan Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional (Studi Komparatif di TK Pertiwi Karangrau dan RA Muslimat NU Masyithoh 1 Sokaraja Kulon Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas).pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Orang sering kali fokus pada pengembangan kecerdasan IQ anak, padahal terdapat banyak aspek kecerdasan lainnya yang sama pentingnya seperti teori kecerdasan majemuk yang diungkapkan oleh Howard Gardner. Dengan adanya teori ini menunjukkan bahwa setiap anak memiliki potensi masing-masing yang perlu ditingkatkan secara holistik. Pendidikan anak usia dini menjadi salah satu sarana penting dalam mengembangkan kecerdasan majemuk melalui kegiatan yang bervariasi dan menyenangkan, termasuk permainan tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara komparatif bagaimana antara lembaga pendidikan anak usia dini melakukan peningkatan kecerdasan majemuk pada anak usia dini melalui permainan tradisional. Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivisme dengan menggunakan jenis kualitatif dan pendekatan komparatif. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi yang kemudian data tersebut dianalisis menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Selain itu, analisis komparatif juga dilakukan untuk membandingkan berbagai temuan dan perspektif yang muncul selama proses penelitian di TK Pertiwi Karangrau dan RA MNU Masyithoh 1 Sokaraja Kulon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan kecerdasan majemuk dilakukan dalam lingkup intrakurikuler dan kokurikuler. Peningkatan kecerdasan majemuk melalui permainan tradisional di TK Pertiwi Karangrau dan RA MNU Masyithoh 1 Sokaraja Kulon dilakukan melalui tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan dilakukan sebelum peningkatan kecerdasan majemuk melalui permainan tradisional dilakukan dengan melihat aspek perkembangan anak. Pelaksanaan yang dilakukan difokuskan pada 9 kecerdasan melalui permainan tradisional yang beragam. Hasil pelaksanaan tersebut dievaluasi baik dalam bentuk laporan harian melalui WhatsApp Group maupun evaluasi jangka panjang yaitu raport. Kata Kunci: Intrakurikuler, Kokurikuler, Pengembangan Kecerdasan Majemuk, Permainan Tradisional

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.6 Organization of Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Other Studies for Elementary Education
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Pascasarjana > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: Sinta Miftakhul Janah
Date Deposited: 23 Jul 2024 08:21
Last Modified: 23 Jul 2024 08:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26791

Actions (login required)

View Item View Item