KEMANDIRIAN LEMBAGA MELALUI OPTIMALISASI MANAJEMEN PEMBIAYAAN DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) SUNAN KALI JAGA JINGKANG AJIBARANG BANYUMAS

Suryatini, Lilis (2024) KEMANDIRIAN LEMBAGA MELALUI OPTIMALISASI MANAJEMEN PEMBIAYAAN DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) SUNAN KALI JAGA JINGKANG AJIBARANG BANYUMAS. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
TESIS LILIS_FINAL.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kemandirian ekonomi PKBM Sunan Kalijaga adalah kemampuan PKBM dalam menjalankan operasionalnya tanpa bergantung pihak eksternal. Salah satu tolak ukurnya adalah bahwa unit usaha yang dimiliki PKBM tersebut memiliki kontribusi signifikan terhadap operasional pendidikan sehingga PKBM tidak terlalu tergantung pada iuran siswa atau donasi dari pihak eksternal PKBM Sunan Kalijaga. Tujuan pengembangan kemandirian ekonomi PKBM Sunan Kalijaga. tidak hanya untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif tetapi juga untuk melahirkan sumber daya insani yang berakhlak mulia dan andal dalam bidang ekonomi. Tujuan dalam penelitian ini yaitu: Melakukan analisis terhadap tingkat kemandirian lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sunan Kalijaga selama periode pengelolaan pembiayaan. Untuk menganalisis optimalisasi manajemen pembiayaan di PKBM Sunan Kalijaga. Metode dalam penelitian ini yaitu kualitatif. PKBM Sunan Kalijaga sudah mampu dalam memenuhi kebutuhan lembaganya tanpa adanya sikap ketergantung dari pihak lain yang mana lembaga mempunyai sumber penghasilan/ pendapatan dari usaha yang dikelola oleh PKBM, misalnya: melalui usaha depot air minum dan usaha lainnya. Untuk menjaga eksistensi pihak lembaga bermitra dengan satuan pendidikan nonformal dibawah naungan forum komunikasi PKBM Kabupaten Banyumas dalam hal koordinasi dan komunikasi. Optimalisasi manajemen pembiayaan PKBM Sunan Kalijaga terdiri dari beberapa langkah. Pertama, dalam tahap perencanaan, dilakukan identifikasi kebutuhan pembiayaan pembelajaran, penentuan prioritas belajar, identifikasi sumber pendanaan, dan pencarian mitra kerja sama. Kedua, tahap pengorganisasian bertujuan untuk merumuskan rencana pembiayaan kegiatan pembelajaran. Ketiga, tahap pelaksanaan difokuskan pada pembelajaran interaktif, demokratis, dan partisipatif. Terakhir, tahap evaluasi dilakukan untuk mengamati aspek-aspek yang menjadi ukuran efektivitas pembiayaan yang dilakukan oleh peserta didik dan masyarakat sebagai anggota belajar. KATA KUNCI: Kemandirian; Manajemen Pembiayaan; PKBM   ABSTRACT INSTITUTIONAL INDEPENDENCE THROUGH OPTIMIZING FINANCING MANAGEMENT AT THE SUNAN KALI JINGKANG AJIBARANG BANYUMAS COMMUNITY LEARNING ACTIVITY CENTER (PKBM) LILIS SURYATINI 224120500001 The economic independence of PKBM Sunan Kalijaga is PKBM's ability to carry out its operations without depending on external parties. One of the benchmarks is that the business unit owned by PKBM significantly contributes to educational operations, so PKBM is not too dependent on student fees or donations from external parties. PKBM Sunan Kalijaga. The aim of develop the economic independence of PKBM Sunan Kalijaga. not only to realize inclusive economic growth but also to produce human resources with noble and reliable morals in the economic field. The aim of this research is To analyze the level of independence of the Sunan Kalijaga Community Learning Activity Center (PKBM) institution during the financing management period. To analyze the optimization of financing management at PKBM Sunan Kalijaga. The method in this research is qualitative. PKBM Sunan Kalijaga has been able to meet the needs of its institution without being dependent on other parties, where the institution has sources of income/income from businesses managed by PKBM, for example: through drinking water depot businesses and other businesses. To maintain its existence, the institution partners with non-formal education units under the auspices of the Banyumas Regency PKBM communication forum in terms of coordination and communication. Optimizing Sunan Kalijaga PKBM financing management consists of several steps. First, in the planning stage, learning funding needs are identified, learning priorities are determined, funding sources are identified, and the search for collaboration partners is carried out. Second, the organizing stage aims to formulate a financing plan for learning activities. Third, the implementation stage focuses on interactive, democratic and participatory learning. Finally, the evaluation stage is carried out to observe aspects that measure the effectiveness of financing carried out by students and the community as learning members. KEYWORDS: Independence; Financing Management; PKBM

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian; Manajemen Pembiayaan; PKBM
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Lilis Suryatini
Date Deposited: 24 Jul 2024 07:43
Last Modified: 24 Jul 2024 07:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26790

Actions (login required)

View Item View Item