PROGRAM BIMBINGAN PERKAWINAN DALAM UPAYA MENYIAPKAN KELUARGA HARMONIS DI KUA KARANGMONCOL 1 KABUPATEN PURBALINGGA

PUTRI, RAMADANI UTAMI (2024) PROGRAM BIMBINGAN PERKAWINAN DALAM UPAYA MENYIAPKAN KELUARGA HARMONIS DI KUA KARANGMONCOL 1 KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
PUTRI RAMADANI UTAMI PROGRAM BIMBINGAN PERKAWINAN DALAM UPAYAMENYIAPKAN KELUARGA HARMONIS DI KUA KARANGMONCOL 1 KABUPATEN PURBALINGGA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Keluarga yang harmonis dan bahagia dapat dicapai dengan adanya pemberian pengetahuan serta pemahaman yang berkaitan secara langsung dengan pernikahan kepada para calon pengantin yaitu dengan cara mengikuti program bimbingan perkawinan. Selain itu program ini juga merupakan upaya yang tepat untuk mengurangi angka perceraian di wilayah Kabupaten Purbalingga yang disebabkan oleh faktor ekonomi, pengaruh media sosial, flexing, dan adanya julukan “Pamong maja”. Dengan dikeluarkannya Keputusan Dirjen Bimas Islam Nomor 172 Tahun 2022 yang menegaskan mengenai standar dan prosedur dalam pelaksanaan bimbingan perkawinan, Kantor Urusan Agama Karangmoncol 1 Kabupaten Purbalingga menyelenggarakan program bimbingan perkawinan yang didapati dalam pelaksanaannya memiliki inovasi yang berbeda dengan KUA lainnya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pelaksanaan bimbingan perkawinan dan untuk menganalisis bagaimana upaya di Kantor Urusan Agama Karangmoncol 1 Kabupaten Purbalingga dalam menyiapkan keluarga yang harmonis. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian lapangan (field research), menggunakan pendekatan normatif empiris dan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data primer yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lima staf Kantor Urusan Agama Kecamatan Karangmoncol 1 Kabupaten Purbalingga dan sepuluh pasangan suami istri yang telah mengikuti program bimbingan perkawinan yang diperkuat dengan wawancara. Data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data yang digunakan sebagai bahan pendukung seperti buku buku dari M. Quraish Shihab, jurnal dan sumber lainnya yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan yang tercantum dalam Keputusan Nomor 172 Tahun 2022 telah diterapkan dengan efektif dan memberikan panduan yang jelas bagi pelaksanaan bimbingan perkawinan, serta meningkatkan kualitas persiapan calon pengantin untuk memasuki kehidupan berkeluarga. Terdapat beberapa inovasi-inovasi kegiatan lainnya yang berbeda dari KUA-KUA lainnya serta upaya bimbingan perkawinan dalam menyiapkan keluarga harmonis di KUA Karangmoncol 1 Kabupaten Purbalingga dalam pelaksanaannya tidak hanya fokus pada aspek hukum agama namun juga terhadap aspek psikologis sosial dan budaya. Kata Kunci: Bimbingan Perkawinan, Upaya Menyiapkan Keluarga Harmonis, KUA..

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Perkawinan,Upaya Menyiapkan Keluarga Harmonis,KUA
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.85 Family (Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Putri Ramadani Utami
Date Deposited: 23 Jul 2024 06:44
Last Modified: 23 Jul 2024 06:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26784

Actions (login required)

View Item View Item