IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOLABORATIF PADA PEMBELAJARAN AL-QUR'AN HADIS KELAS 4 DI MI AL-HUDA SELANEGARA BANYUMAS

Nuruh Hidayah, Waty (2024) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOLABORATIF PADA PEMBELAJARAN AL-QUR'AN HADIS KELAS 4 DI MI AL-HUDA SELANEGARA BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NURUL HIDAYAH WATI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK : Muatan mata pelajaran yang wajib ditempuh dalam Madrasah Ibtidaiyah salah satunya adalah Al-Qur’an Hadis. Keberhasilan peserta didik di sekolah, dilihat berdasarkan proses belajar yang baik dan berkualitas sehingga bisa tercapai tujuan pembelajaran yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi strategi pembelajaran kolaboratif pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis siswa kelas 4 di MI Al-Huda selanegara Banyumas. Metode penelitian menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian di MI Al-Huda Selanegara. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis dan siswa kelas 4 di MI Al-Huda Selanegara Banyumas. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi dari strategi pembelajaran kolaboratif pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis siswa kelas 4 mampu meningkatkan kemampuan hafalan surat pendek dan meningkatkan keaktifan peserta didik. Hal ini bisa dilihat dari proses menghafal dan ketepatan waktu yang diberikan guru untuk menghafal serta menyetorkan hafalannya. Pelaksanaan strategi pembelajaran kolaboratif pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis siswa kelas 4 di MI Al-Huda Selanegara Banyumas menggunakan dua model pembelajaran yaitu Academic Constructovery dan Team game Tournament meliputi beberapa tahapan yang sudah dirancang dalam modul pembelajaran. Rangkaian pelaksanaan strategi pembelajaran kolaboratif terbukti mampu meningkatkan kemampuan hafalan surat pendek dan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Kolaboratif, Pembelajaran Al- Qur’an Hadis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Kolaboratif, Pembelajaran Al-Qur'an Hadis
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.6 Kandungan Al Qur'an
2x2 Hadits dan Ilmu Yang Berkaitan > 2x2.1 Ilmu Hadits (Termasuk Mustalah Hadits)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurul Hidayah Waty
Date Deposited: 23 Jul 2024 06:41
Last Modified: 23 Jul 2024 06:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26776

Actions (login required)

View Item View Item