PESAN MORAL DALAM FILM KEMBANG API (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

Nabiel, Asyarie (2024) PESAN MORAL DALAM FILM KEMBANG API (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nabiel Asyarie_Pesan Moral Dalam Film Kembang Api (Analisis Semiotika Roland Barthes).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Diantara keanekaragaman film yang disajikan di layar lebar, ada yang bersifat pesan moral yang begitu membangun dan sesuai dengan kejadian yang sesungguhnya di masyarakat, salah satunya adalah film Kembang Api yang memberikan warna pada perfilman Indonesia. Film Kembang Api adalah film terbaru Falcon Pictures yang disutradarai oleh Herwin Novianto. Film ini mengajarkan tentang menghargai hidup, menemukan arti kebahagiaan, dan mencari solusi atas masalah yang dihadapi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif model deskriptif dengan analisis semiotika Roland Barthes serta Burhan Nurgiyantoro untuk memahami pesan moral dalam film kembang api. Subjeknya adalah Film Kembang Api, sedangkan Objeknya adalah potongan dialog yang memunculkan Pesan Moral dan Makna Denotatif, Konotatif, dan Mitos yang terdapat dalam Film Kembang Api. Hasil penelitian menunjukkan terdapat dua puluh enam dialog/adegan yang menggambarkan tiga kategori pesan moral, yaitu kategori hubungan manusia dengan tuhan, manusia dengan diri sendiri, kategori hubungan manusia dengan manusia lain dalam lingkungan sosial. Ini juga mengandung nilai-nilai kehidupan, yang juga sejalan dengan ajaran Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Semiotika, Pesan Moral, Film Kembang Api.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
700 The arts > 707 Education, research, related topics
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nabiel Asyarie sdri
Date Deposited: 23 Jul 2024 06:09
Last Modified: 23 Jul 2024 06:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26772

Actions (login required)

View Item View Item