STRATEGI HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN CITRA LEMBAGA (STUDI KASUS DI SMA YA BAKII 1 KESUGIHAN CILACAP)

Muhammad, Ulin Nuha (2024) STRATEGI HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN CITRA LEMBAGA (STUDI KASUS DI SMA YA BAKII 1 KESUGIHAN CILACAP). Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifudin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
TESIS M. ULIN NUHA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah kunci utama dalam pembangunan suatu bangsa. Sekolah atau lembaga pendidikan dan masyarakat adalah dua lingkungan hidup yang tidak dapat dipisahkan. Dapat dipahami bahwa masyarakat merupakan faktor yang begitu urgen dalam pelaksanaan pendidikan. Program-Program sekolah maupun kegiatan sekolah tidaklah berjalan baik tanpa mendapat dukungan dari semua pihak, termasuk Masyarakat. Kehadiran humas sangatlah penting guna menyalurkan kontribusi Masyarakat dalam memaksimalkan program-program sekolah. Berdasarkan Observasi pendahuluan diketahui bahwa SMA YA Bakii baru memiliki waka Humas pada tahun ajaran ini yaitu 2023/2024. Adapun kegiatan humas sebelumnya dirangkap oleh waka Sarpras sehingga dalam keberjalanannya dirasa kurang efektif. Apalagi di era keterbukaan dan teknologi komunikasi informasi seperti saat ini dimana suatu opini dapat dengan cepat berubah menjadi opini public. Oleh karena itu sangat dibuthkan adanya sebuah strategi Hubungan Masyarakat yang baik agar mampu menumbuhkan citra positif dari Lembaga sekolah di Masyarakat Penelitian ini bertujuan mendeksripsikan Strategi Hubungan Masyarakat dalam meningkatkan Citra Lembaga Studi Kasus di SMA YA BAKII 1 Kesugihan. Adapun metode penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini yaitu, observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan peranan penting humas bagi Lembaga Pendidikan, strategi humas dalam meningkatkan citra Lembaga di SMA YA BAKII 1 Kesugihan dibagi menjadi 2 yaitu Strategi public Internal dan Strategi Publik Eksternal. Adapun dampak dari adanya strategi hubungan masyarkata bagi citra Lembaga antara lain; meningkatnya calon peserta didik baru, meningkatkan kepercayaan instansi kepada Lembaga, meningkatnya prestasi siswa di sekolah dan pengakuan keberadaan sekolah dimata Masyarakat. Namun terdapat keterbatasan penelitian, yakni penelitian ini hanya berfokus di SMA YA BAKII 1 Kesugihan sehingga hasil dan temuan nya bisa jadi berbeda dengan Lembaga lainnya. Kata Kunci; Strategi Hubungan Masyarakat, Citra Lembaga.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci; Strategi Hubungan Masyarakat, Citra Lembaga
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muhammad Ulin Nuha
Date Deposited: 22 Jul 2024 08:12
Last Modified: 22 Jul 2024 08:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26732

Actions (login required)

View Item View Item