GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA DI MAN 1 CILACAP

Ersintha Sapta, Puspita and UNSPECIFIED (2024) GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA DI MAN 1 CILACAP. Masters thesis, UIN Prof.K.H.Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ersintha Sapta Puspita_Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Implementasi Program Sekolah Adiwiyata di MAN 1 Cilacap.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Program sekolah adiwiyata merupakan salah satu program pemerintah yang diterapkan disuatu lembaga pendidikan dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam mewujudkan program sekolah adiwiyata ini, tentunya tidak terlepas dari kepemimpinan kepala madrasah yang baik dalam mengelola lembaganya. Penelitian ini bertujuan untuk : Mendeskripsikan dan menganalisis galyal kepemimpinaln Kepallal Maldralsalh dallalm Implementalsi Progralm Sekolalh Aldiwiyaltal di MAlN 1 Cilalcalp menurut gaya otoriter ,gaya demokrasi dan gaya laisser-fairl. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini di MAN 1 Cilacap. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk uji keabsahan data peneliti menggunakan derajat kepercayaan dan kepastian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan otoriter dan demokratis yang diterapkan di MAN 1 Cilacap dalam implementasi program Sekolah Adiwiyata terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi, kesadaran, dan rasa tanggung jawab seluruh komunitas madrasah terhadap lingkungan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa gaya kepemimpinan demokratis dapat menjadi model yang efektif untuk implementasi program Sekolah Adiwiyata di madrasah-madrasah lain. Kata Kunci : gaya kepemimpinan, kepala madrasah, program sekolah adiwiyata.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: gaya kepemimpinan, kepala madrasah, program sekolah adiwiyata
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ersintha Sapta Puspita
Date Deposited: 22 Jul 2024 07:51
Last Modified: 22 Jul 2024 07:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26730

Actions (login required)

View Item View Item