HUBUNGAN ANTARA HIGHER ORDER THINGKING SKILLS DENGAN KEMAMPUAN LITERASI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs NEGERI 1 PURBALINGGA

Ismi, Hilmiyati (2024) HUBUNGAN ANTARA HIGHER ORDER THINGKING SKILLS DENGAN KEMAMPUAN LITERASI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs NEGERI 1 PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Ismi Hilmiyati_2017402122.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dunia pendidikan saat ini dipengaruhi oleh kemajuan teknologi yang dikenal sebagai era revolusi 4.0. Oleh karena itu, ada beberapa kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa. Salah satunya adalah Higher Order Thingking Skills yang berhubungan Kemampuan Literasi Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan tes. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 96 siswa VIII MTs Negeri 1 Purbalingga. Adapuan teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan rumus Correlation Produck Moment dengan bantuan SPSS versi 29. Hasil penelitian ini menunjukan ada korelasi yang signifikan anatar higher order thingking skills dengan kemampuan literasi sejarah kebudayaan Islam di MTs Negeri 1 Purbalingga sebesar 0,000 pada taraf Sig <0,05 sehingga hipotesis ada korelasi higher order thingking skills dengan kemampuan literasi sejarah kebudayaan Islam dapat diterima. Dapat dilihat bahwa korelasinya bersifat positif, berdasarkan tabel interpretasi koefisien korelasi, nilai 0,514 berada pada kualifikasi kuat 0,60-0,799. Jadi hubungan antara higher order thingking skills dengan kemampuan literasi sejarah kebudayaan Islamhubungannya kuat. Semakin tinggi higher order thingking skills maka akan semakin tinggi kemampuan literasi sejarah kebudayaan Islam siswa, begitupun sebaliknya. Berdasarkan hasil yang diperoleh bahwa nilai koefisien determinasi sebesar 0,26 artinya 26% kemampuan lietasi sejarah kebudayaan Islam dipengaruhi oleh higher order thingking skills. Sedangkan sisanya 73% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Higher Order Thingking Skills, Kemampuan Literasi Sejarah Kebudayaan Islam, Korelasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Higher Order Thingking Skills, Kemampuan Literasi Sejarah Kebudayaan Islam, Korelasi
Subjects: 200 Religion > 260 Christian social theology > 268 Religious education
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ismi Hilmiyati
Date Deposited: 22 Jul 2024 07:26
Last Modified: 22 Jul 2024 07:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26728

Actions (login required)

View Item View Item