TINGKAT PENGETAHUAN PENCEGAHAN BULLYING MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN EXPERIENTIAL LEARNING DI MTS MIFTAHUL 'ULUM BULAKAN

Ulfiatun, Wahidah (2024) TINGKAT PENGETAHUAN PENCEGAHAN BULLYING MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN EXPERIENTIAL LEARNING DI MTS MIFTAHUL 'ULUM BULAKAN. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ulfiatun Wahidah_tingkat pengetahuan pencegahan bullying melalui bimbingan kelompok dengan pendekatan experiential learning dikelas IX Mts miftahul 'ulum Bulakan_2017101059.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Bullying menjadi salah satu kasus yang marak terjadi tidak hanya dilingkungan rumah tetapi juga dilingkungan pendidikan. Bullying akan sangat berbahaya ketika dibiarkan begitu saja tanpa adanya pemahaman, pencegahan, dan penanganan yang dilakukan dari orang-orang sekitar, apalagi ketika bullying itu dianggap menjadi hal sepele. Adapun bentuk dari keberhasilan bullying itu ketika pelaku sudah mampu menyakiti korban dari segi fisik dan psikis dilihat dari berubahnya sikap seseorang baik itu menjadi pelaku, korban, dan pengamat. Maka dari itu untuk memberikan pemahaman, pencegahan, dan penanganan pada siswa maka diberikan sebuah treatment salah satunya bimbingan kelompok dengan menggunakan pendekatan experiential learning dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa terkait pencegahan bullying. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif pre ekperimen dengan desain one group pre test and post test. Penelitian ini dilakukan di kelas IX Mts Miftahul ‘Ulum Bulakan dengan menggunakan teknik systematic random sampling sebanyak 15 responden. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner atau angket, observasi, dan dokumentasi. Kemudian analisis data yang digunakan dengan uji sample paired test (uji t) dengan hasil nilai sig. (2-tailed) lebih kecil dari nilai probabilitas 0.05 atau ( 0.000 < 0.05 ) yang memiliki arti bahwasannya Ho ditolak dan Ha diterima karena terdapat peningkatan pengetahuan yang signifikan pada skor ketika sebelum dan setelah treatment. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan pencegahan bullying melalui bimbingan kelompok dengan pendekatan experiential learning di kelas IX Mts Miftahul ‘Ulum Bulakan. Kata Kunci : Bullying, Bimbingan Kelompok, Pendekatan Experiential Learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bullyng, bimbingan kelompok, pendekatan experiential learning
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ulfiatun Wahidah Sdri
Date Deposited: 22 Jul 2024 06:58
Last Modified: 22 Jul 2024 06:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26723

Actions (login required)

View Item View Item