STRATEGI SCHOOL BRANDING DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PURBALINGGA

Yekti, Azizah (2024) STRATEGI SCHOOL BRANDING DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PURBALINGGA. Masters thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
YEKTI AZIZAH_STRATEGI SCHOOL BRANDING DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PURBALINGGA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Di tengah persaingan ketat antar lembaga pendidikan, penting bagi madrasah untuk membangun dan memperkuat citra positif melalui strategi branding agar dapat menarik calon siswa dan mempertahankan loyalitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merumuskan strategi school branding dalam meningkatkan daya saing lembaga pendidikaan di Madrasah Aliyah Negeri Purbalingga. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, subjek penelitian ini meliputi Waka Humas, siswa, dan orang tua siswa. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan teknik analisis data berupa reduksi, penyajian data, triangulasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan strategi school branding dalam meningkatkan daya saing lembaga pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Purbalingga dimulai dengan riset mendalam untuk memahami audiens, mengidentifikasi tema yang sesuai dengan visi dan misi madrasah, serta menganalisis kekuatan dan kelemahan kompetitor. Madrasah Aliyah Negeri Purbalingga menonjolkan keunikan program unggulannya seperti Tahfidzul Qur'an, kelas prestasi, dan madrasah riset, yang menggabungkan pendidikan akademik dengan nilai-nilai akhlakul karimah. Dengan memahami pesaing, Madrasah Aliyah Negeri Purbalingga mengembangkan strategi yang menekankan keunggulan kompetitif mereka, yakni integrasi ilmu pengetahuan dan teknologi dengan nilai-nilai keislaman. Identitas dan karakteristik brand ditekankan melalui media sosial dan website, dengan tagline yang mencerminkan nilai inti sekolah. Implementasi branding mencakup peningkatan manajemen mutu, sosialisasi nilai-nilai madrasah, dan pengembangan program unggulan. Prestasi madrasah dipublikasikan secara rutin untuk memperkuat citra positif di masyarakat. Madrasah Aliyah Negeri Purbalingga juga melakukan rebranding dengan inovasi dalam program pendidikan, peningkatan infrastruktur, dan pengembangan kerjasama strategis.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi, School Branding, Daya Saing.
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
000 Generalities > 080 General collections
100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yekti Azizah
Date Deposited: 22 Jul 2024 06:57
Last Modified: 22 Jul 2024 06:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26720

Actions (login required)

View Item View Item