IMPLEMENTASI METODE PROBLEM SOLVING DALAM MEMBENTUK CRITICAL THINKING SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP N 2 BUMIAYU BREBES

Lulu, Azkiyah (2024) IMPLEMENTASI METODE PROBLEM SOLVING DALAM MEMBENTUK CRITICAL THINKING SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP N 2 BUMIAYU BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
LULU AZKIYAH_Implementasi Metode Problem Solving Dalam Membentuk Critical Thinking Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMP N 2 Bumiayu Brebes.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, menjadikan informasi sangat mudah untuk di akses. Salah satu permasalahan yang sering di hadapi oleh peserta didik yakni peserta didik belum sepenuhnya bijak dalam menggunakan gadget artinya mereka mudah terpengaruh berita hoax. Oleh karena itu keterampilan berpikir kritis penting untuk di latih sebagai bekal dalam menghadapi perkembangan zaman saat ini. Di dukung dengan pemilihan metode pembelajaran yang mendukung sikap kritis siswa. Peran tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara jelas dan mendalam mengenai implementasi metode problem solving dalam membentuk critical thinking siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti (PAI & BP) di SMP N 2 Bumiayu. Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian skripsi ini menggunakan penelitian field research (penelitian lapangan) yang di sajikan secara deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawanacara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa tahapan implementasi metode problem solving pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti terdapat enam tahap, satu di antaranya masih kurang maksimal, yaitu pada tahap perencanaan pemecahan. Dampak di terapkannya metode pemecahan masalah yakni menjadikan suasana pembelajaran lebih aktif dan kondusif serta melatih kemampuan berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah, baik masalah individu maupun kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: metode problem solving, critical thinking, pembelajaran PAI & BP.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lulu Azkiyah
Date Deposited: 22 Jul 2024 06:16
Last Modified: 22 Jul 2024 06:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26717

Actions (login required)

View Item View Item