Pengembangan Kecerdasan Musikal Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Gerak dan Lagu di KB Fatimah 01 Sokaraja Banyumas

Fathia, Tsuroyya (2024) Pengembangan Kecerdasan Musikal Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Gerak dan Lagu di KB Fatimah 01 Sokaraja Banyumas. Skripsi thesis, UIN PROF. K. H. SAIFUDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
REVISI MUNAQOSYAH FATHIA_PENDAFTARAN YUDISIUM_FIKS .pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana guru dapat mengembangkan kecerdasan musikal pada anak usia dini di KB Fatimah 01 Sokaraja Banyumas, serta, mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kecerdasan musikal pada anak usia dini di KB Fatimah 01 Sokaraja Banyumas. Penelitian ini bersifat deskriptif dan menyajikan analisis terhadap teori yang diteliti. Subjek yang berkaitan dalam penelitian ini antara lain Kepala Sekolah KB Fatimah 01 Sokaraja, Banyumas, Guru KB Fatimah 01 Sokaraja Banyumas, siswa KB Fatimah 01 Sokaraja Banyumas. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. KB Fatimah banyak melakukan kegiatan musikal seperti bernyanyi, menari, senam, membuat drama musikal dengan jangka waktu yang pendek sesuai dengan imajinasi anak. Dalam kegiatan mengembangkan kecerdasan musikal ini juga memiliki faktor pendukung dan penghambat. Diantara faktor pendukungnya yaitu sekolah menyediakan berbagai alat musik sederhana seperti drum kecil, kendang, seruling dan pianika. Selain itu, sekolah juga me memiliki ruangan yang dilengkapi dengan sistem audio untuk memutar musik selama kegiatan berlangsung serta menyediakan berbagai buku dan materi pembelajaran yang terkait dengan musik. antara faktor penghambatnya yaitu keterbatasan sarana dan prasarana, kurangnya konsentrasi anak saat kegiatan berlangsung, tidak ada keterlibatan pihak luar dalam mengembangkan kecerdasan musikal anak di sekolah. pengembangan kecerdasan musikal pada anak usia dini melalui kegiatan gerak dan lagu di KB Fatimah 01 Sokaraja dapat dikatakan berhasil. Anak-anak menunjukkan peringatan dalam kemampuan musikal, ketrampilan motorik, dan interaksi sosial. Kecerdasan musikal juga mampu membangun rasa percaya diri pada anak, inovatif dan kreatif sesuai dengan imajinasi anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kecerdasan Musikal, Anak Usia Dini, KB Fatimah 01 Sokaraja
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fathia Tsuroyya
Date Deposited: 23 Jul 2024 01:25
Last Modified: 23 Jul 2024 01:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26711

Actions (login required)

View Item View Item