Implementasi metode tartili dalam pembelajaran membaca Al-Qur'an di SDIT Khoiro Ummah Purwokerto

Alkhonsa, Mardhiyya (2024) Implementasi metode tartili dalam pembelajaran membaca Al-Qur'an di SDIT Khoiro Ummah Purwokerto. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Alkhonsa Mardhiyya_ Implementasi Metode Tartili dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur'an di SDIT Khoiro Ummah Purwokerto.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan faktor penting dalam mewujudkan manusia yang cerdas dan berakhlak mulia. Salah satu Pendidikan yang terpenting adalah pembelajaran tentang Al-Qur’an, yaitu membaca dan menulis Al-Qur’an serta diharapkan dapat memahami isinya dan mengamalkannya didalam kehidupan sehari-hari. Salah satu metode pembalajaran membaca Al-Qur’an adalah metode tartili. Sekolah yang menerapkan pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan metode tartili salah satunya yaitu SDIT Khoiro Ummah Purwokerto. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui dan menganalisis Implementasi Metode Tartili dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di SDIT Khoiro Ummah Purwokerto, (2) mengetahui dan menganalisis Apa saja Faktor Pendukung dan Penghambat pada Proses Implementasi Metode Tartili dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di SDIT Khoiro Ummah Purwokerto. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Metode tartili dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di SDIT Khoiro Ummah Purwokerto dikelompokkan pada 3 langkah: pertama, perencanaan. Kedua, pelaksanaan. Dan ketiga, evaluasi. Perencanaan pembelajaran dengan metode tartili diawali dengan pengelompokan pembagian tingkatan jilid siswa dan metode tartili ini berpedoman pada buku pokok materi tartili. Pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan metode tartili dimulai dengan membaca doa dan membaca surat Al-Fatihah bersama-sama, kemudian masuk materi guru membacakan dan mencontohkan bacaan yang benar sedangkan murid menyimak dan mengikuti bersama-sama, setelah itu murid membaca satu persatu dihadapan guru, sesekali siswa ditugaskan untuk menulis materi pada buku masing-masing. Evaluasi pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan metode tartili, penilaian harian dilaksanakan setiap akhir pertemuan pembelajaran siswa dengan cara siswa maju satu persatu untuk membaca didepan guru. Penilaian kenaikan jilid dilaksanakan setiap akhir semester, dan diadakan wisuda akbar tartili setiap 1 tahun sekali. Kata kunci: Implementasi, Pembelajaran Membaca Al-Qur’an, Metode Tartili.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran Membaca Al-Qur’an, Metode Tartili.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alkhonsa Mardhiyya
Date Deposited: 22 Jul 2024 04:27
Last Modified: 22 Jul 2024 04:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26689

Actions (login required)

View Item View Item