EFEKTIVITAS TERAPI BERNYANYI UNTUK MENDORONG POTENSI BELAJAR PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB C DAN C1 YAKUT PURWOKERTO

Linatus, Sofia (2024) EFEKTIVITAS TERAPI BERNYANYI UNTUK MENDORONG POTENSI BELAJAR PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB C DAN C1 YAKUT PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Linatus Sofia_2017101006_FIX!.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemerintah di Banyumas telah menyediakan fasilitas pendidikan sebanyak 625 sekolah. Dengan 4 sekolah yang telah terakreditasi BANSM Kemendikbud di Purwokerto yakni, SLB-B Yakut Purwokerto, SLB-C dan C1 Yakut Purwokerto, SLB ABCD Kuncup Mas, dan SLB Aisyiyah Al-Walidah. Tidakan tersebut ditunjukan agar pendidikan di Banyumas dapat merata. Berdasarkan hasil observasi di SLB C dan C1 Yakut Purwokerto khususnya kelas 2 jenjang sekolah dasar, peserta didik masih kurang bisa membaca, menulis kata, dan berbicara. Di sisi lain, sekolah tersebut pernah melaksanakan metode terapi bernyanyi dan terapi musik sebagai media terapi bagi siswa berkebutuhan khusus di sekolah tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengetahui pengaruh terapi bernyanyi untuk mendorong potensi belajar anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian terdiri dari 12 siswa kelas 2 di SLB C dan C1 Yakut Purwokerto. Data dikumpulkan melalui penggunaan angket, dokumentasi, dan observasi. Proses pengambilan data dilakukan selama 10 hari. Analisis data dilakukan dengan metode uji hipotesis paired sample t-test dengan hasil Sig. (2-tailed) < 0,05 maka, H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat dinyatakan hasil uji pada kelompok eksperimen dikatakan menolak H0 serta menerima Ha. Temuan ini mengindikasikan adanya perbedaan yang signifikan antara kondisi sebelum dan setelah penerapan treatment pada kelompok eksperimen. Berdasarkan penelitian, terdapat perbedaan dalam nilai rata-rata pre-test dan post-test antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil tersebut menunjukkan peningkatan sebesar 8,83 pada kelompok eksperimen, sementara kelompok kontrol mengalami penurunan sebesar 0,57 (kelompok pembanding). Hasil ini mendukung bahwa terapi bernyanyi efektif untuk meningkatkan potensi belajar anak berkebutuhan khusus di SLB C dan C1 Yakut Purwokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Potensi Belajar, Anak Berkebutuhan Khusus, Kuantitatif
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Linatus Sofia sdri
Date Deposited: 20 Jul 2024 02:03
Last Modified: 22 Jul 2024 02:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26660

Actions (login required)

View Item View Item