KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SPLDV DI SMP NEGERI 3 KROYA

Sri Indah, Wahyuni (2024) KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SPLDV DI SMP NEGERI 3 KROYA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SRI INDAH WAHYUNI_ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SPLDV DI SMP NEGERI 3 KROYA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep adalah kemampuan siswa dalam menerjemahkan dan menyimpulkan suatu konsep matematika. Kemampuan pemahaman konsep Sangat di perlakukan dalam materi SPLDV. Sistem persamaan linear dua variabel adalah persamaan yang tepat mempunyai dua variabel peubah yakni x dan y dimana masing-masing variabelnya berpangkat satu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal SPLDV. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek berjumlah 6 orang siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Kroya. Kemampuan pemahaman konsep siswa terdiri dari 3 kategori yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Setiap kategori kemampuan pemahaman konsep diwakili oleh 2 orang siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan membagikan soal tes dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Siswa dengan kategori kemampuan pemahaman konsep tinggi dapat memenuhi hampir semua indikator secara lengkap. (2) Siswa dengan kategori kemampuan pemahaman konsep sedang sudah mampu menguasai 4 indikator. (3) Siswa dengan kategori kemampuan pemahaman konsep rendah hanya mampu menguasai 1 indikator dan 5 indikator yang lain belum mereka kuasai sama sekali. Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Matematika, SPLDV STUDENTS' CONCEPT UNDERSTANDING ABILITY IN SOLVING SPLDV QUESTIONS AT SMP NEGERI 3 KROYA SRI INDAH WAHYUNI NIM.1717407032 The ability to understand concepts is a student's ability to translate and conclude a mathematical concept. The ability to understand concepts is highly treated in SPLDV material. A system of linear equations in two variables is an equation that has exactly two changing variables, namely x and y, where each variable has a power of one. This research aims to describe students' conceptual understanding abilities in solving SPLDV questions. This research is a qualitative research with subjects totaling 6 class VIII students at SMP Negeri 3 Kroya. Students' concept understanding abilities consist of 3 categories, namely high, medium and low. Each category of concept understanding ability is represented by 2 students. The data collection method was carried out by distributing test questions and interviews. The data analysis technique in this research uses data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the research show: (1) Students with a high conceptual understanding ability category can fulfill almost all the indicators completely. (2) Students in the category of moderate concept understanding ability are able to master 4 indicators. (3) Students with low concept understanding ability categories are only able to master 1 indicator and they have not mastered the other 5 indicators at all. Keywords: Concept Understanding, Mathematics, SPLDV

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Sri indah wahyuni sdr
Date Deposited: 19 Jul 2024 07:49
Last Modified: 19 Jul 2024 07:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26638

Actions (login required)

View Item View Item