IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL DI KELAS VI SD NEGERI 3 CIPAKU MREBET PURBALINGGA

Hikmatus, Sangadah (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL DI KELAS VI SD NEGERI 3 CIPAKU MREBET PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
HIKMATUS SANGADAH-IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Higher Order Thinking Skill adalah keterampilan berpikir tingkat tinggi. Pembelajaran tematik yang dalam pelaksanaannya dirancang sesuai dengan tema-tema tertentu memberikan tantangan baru bagi guru maupun peserta didik agar dapat menguasainya. SD Negeri 3 Cipaku merupakan salah satu sekolah dasar yang telah mengimplementasikan kemampuan berpikir tingkat tinggi ini dalam pembelajarannya, baik pada pembelajaran tematik kurikulum 2013 maupun pada pembelajaran kurikulum meredeka. Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah implementasi Higher Oreder Thinking Skill (HOTS) pada pembelajaran tematik di kelas VI SD Negeri 3 Cipaku Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga, baik pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran tematik. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi HOTS pada pembelajaran tematik di kelas VI SD Negeri 3 Cipaku telah dilakukan. Namun, dalam tahap pelaksanaan belum sepenuhnya terwujud. Hal ini dikarenakan faktor kualitas guru kelas yang belum maksimal dalam membuat RPP mandiri. Serta adanya faktor dari peserta didik yang masih pada tahap transisi dari kemampuan berpikir tingkat rendah (LOTS) menuju keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, HOTS, Tematik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: HIKMATUS SANGADAH sdri
Date Deposited: 24 Jul 2024 07:18
Last Modified: 24 Jul 2024 07:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26628

Actions (login required)

View Item View Item