PENGARUH SELF CONTROL DAN FINANCIAL SOCIALIZATION TERHADAP FINANCIAL MANAGEMENT BEHAVIOUR PENGGUNA SHOPEEPAYLATER KALANGAN MAHASISWA DI KOTA PURWOKERTO

Citra Alya, Ayunissa (2024) PENGARUH SELF CONTROL DAN FINANCIAL SOCIALIZATION TERHADAP FINANCIAL MANAGEMENT BEHAVIOUR PENGGUNA SHOPEEPAYLATER KALANGAN MAHASISWA DI KOTA PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Citra Alya Ayunissa_Pengaruh Self Control dan Financial Socialization Terhadap Financial Management Beh.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian menggabungkan self control dan financial socialization yang belum banyak diteliti secara bersamaan dalam konteks financial management behaviour pengguna layanan paylater. Penggunaan fitur paylater saat kini kian marak di Indonesia khususnya pada kalangan mahasiswa. Salah satu jenis paylater yang ramai digunakan yaitu shopeepaylater. Dalam penggunaan fitur ini diperlukan pengendalian baik dari dalam diri suatu individu maupun lingkungan sosial yang mempengaruhinya sehingga tidak menimbulkan dampak negatif seperti pemborosan, penumpukan hutang,dll. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk menganalisis : (1) pengaruh self control terhadap financial management behaviour pengguna shopeepaylater kalangan mahasiswa kota purwokerto (2) pengaruh financial socialization terhadap financial management behaviour pengguna shopeepaylater kalangan mahasiswa kota purwokerto (3) pengaruh self control dan financial socialization terhadap financial management behaviour pengguna shopeepaylater kalangan mahasiswa kota purwokerto. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasinya adalah seluruh pengguna shopeepaylater kalangan mahasiswa purwokerto dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data meliputi uji keabsahan data, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dengan bantuan alat SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan, berdasarkan Uji F diketahui bahwa self control dan financial socialization secara simultan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap financial management behaviour dengan nilai Fhitung sebesar 104,269 > 3,090 (Ftabel) serta nilai sig sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan uji t diketahui bahwa self control nilai thitung sebesar 10,658 dan financial socialization nilai thitung sebesar 2,301 yang artinya secara parsial berpengaruh signifikan terhadap financial management behaviour (Y). Nilai koefisien determinasi (R2) pada self control dan financial socialization terhadap financial management behaviour sebesar 0,683 atau 68,3 % mempengaruhi variabel dependen financial management behaviour.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Self Control, Financial Socialization, dan Financial Management Behaviour
Subjects: 300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga Kredit dan Pinjaman
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Citra Alya Ayunissa sdri
Date Deposited: 19 Jul 2024 04:02
Last Modified: 19 Jul 2024 04:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26622

Actions (login required)

View Item View Item