UPAYA GURU DALAM PENGUATAN MAHARAH QIRA'AH DI MADRASAH TSANAWIYAH MA'ARIF NU 1 SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS

Arsya, Istiqomia (2024) UPAYA GURU DALAM PENGUATAN MAHARAH QIRA'AH DI MADRASAH TSANAWIYAH MA'ARIF NU 1 SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Arsya Zahraeta Istiqomia-Upaya Guru dalam Penguatan Maharah Qira'ah di Madrasah Tsanawiyah Ma'arif NU 1 Sumbang Kabupaten Banyumas.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Membaca merupakan suatu hal yang penting dan harus dikuasai oleh peserta didik agar dapat mencapai tujuan pembelajaran secara maksimal. Peserta didik akan sulit mengikuti pembelajaran apabila belum menguasai keterampilan membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam penguatan maharah qira’ah, serta faktor pendukung dan penghambat dari upaya yang telah dilakukan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penarikan kesimpulan dan penyampaian kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Upaya yang dilakukan guru dalam penguatan maharah qira’ah yaitu menerapkan metode sam’iyyah syafawiyah dan drill, memberikan motivasi dan reward terhadap peserta didik, mengadakan jam tambahaan ekstrakurikuler BTA serta meningkatkan profesionalitas pendidik. 2) Faktor pendukung penguatan maharah qira’ah yaitu semangat guru dalam mengajar bahasa Arab, sarana dan prasarana yang mendukung proses pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat dalam penguatan maharah qira’ah yaitu: minat dan motivasi peserta didik dalam belajar bahasa Arab yang masih rendah, input peserta didik yang berbeda, belum menggunakan media yang menarik dalam proses pembelajaran, serta kurang memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: Upaya Guru, Maharah Qira’ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Maharah Qira'ah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Reading
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Arsya Zahraeta Istiqomia sdri
Date Deposited: 19 Jul 2024 03:55
Last Modified: 19 Jul 2024 03:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26621

Actions (login required)

View Item View Item