Proses Representasi LGBTQ Pada Film Animasi "Baymax!"

Rakhmat, Mugi Abadi (2024) Proses Representasi LGBTQ Pada Film Animasi "Baymax!". Skripsi thesis, UIN Prof. K.H, Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Rakhmat Mugi Abadi_Proses Representasi LGBTQ.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas proses representasi LGBTQ dalam serial animasi “Baymax!”, sebuah produksi Disney yang menjadi perdebatan karena memasukkan unsur LGBTQ. Sebagai produsen utama film animasi yang dikenal dengan konten yang ramah anak, Disney mendapat sorotan karena memasukkan propaganda LGBTQ yang oleh beberapa pihak dianggap berpotensi membahayakan penonton, terutama anak-anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis secara mendalam bagaimana proses representasi LGBTQ yang digambarkan dalam film animasi "Baymax!". Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan studi literatur, menggunakan landasan teori proses representasi dari Stuart Hall, yakni representasi mental dan bahasa sebagai sebuah sistem. Representasi mental mengacu pada konsep abstrak yang membentuk pemahaman kita tentang dunia, sementara bahasa digunakan sebagai alat untuk membangun dan mengkomunikasikan makna. Metode pengumpulan data dilakukan melalui analisis dokumentasi dan studi pustaka terkait konten Baymax! yang mengandung unsur LGBTQ. Analisis data menggunakan pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce, dengan menggunakan segitiga triadik (sign, object, interpretant) untuk menggali makna yang terkandung dalam adegan-adegan yang mengandung representasi LGBTQ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa adegan dalam Baymax! yang merepresentasikan kelompok LGBTQ, diantaranya melalui warna tampods yang dibeli Baymax, karakter transgender, toilet gender netral, dan karakter gay. Melalui serial animasi "Baymax!", Disney secara eksplisit menggambarkan kelompok LGBTQ kedalam berbagai bentuk. Penelitian ini menunjukkan bahwa Disney menggunakan medium animasi untuk mengekspresikan dukungannya terhadap komunitas LGBTQ.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Representasi, LGBTQ, Film, Baymax
Subjects: 700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rakhmat Mugi Abadi sdr
Date Deposited: 19 Jul 2024 02:53
Last Modified: 19 Jul 2024 02:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26620

Actions (login required)

View Item View Item