Purcahyono, Hari Prasetyo (2024) IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU DI SMA MA'ARIF NU 1 KEMRANJEN. Other thesis, UIN Prof. K.H Saiffuddin Zuhri.
|
Text
Manajemen Mutu Pendidikan di SMA Ma'arif NU 1 Kemranjen_Repository.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Kualitas menjadi sebuah elemen yang penting dalam setiap organisasi pendidikan, karena kualitas menjadi aspek yang vital dalam menghadapi persaingan. Oleh karenanya, manajemen lembaga pendidikan harus dilakukan secara komprehensif dan terintegrasi. Ini berhubungan erat dengan bagaimana lembaga mengelola standar mutu. Pengelolaan mutu pada dasarnya bertujuan untuk secara konsisten memenuhi kebutuhan konsumen dan terus-menerus mencapai peningkatan dalam setiap aspek kegiatan lembaga pendidikan. Manajemen mutu bertujuan untuk meningkatkan prestasi, produktivitas, dan efisiensi dengan meningkatkan kinerja, baik dari sisi internal maupun eksternal. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi manajemen mutu melalui proses Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling ( POAC ) yang terintegrasi dengan sistem penjamin mutu internal di SMA Ma’arif NU 1 Kemranjen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Ma’arif NU 1 Kemranjen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian informasi, dan verifikasi informasi. Uji keabsahan data perpanjangan keikutsertaan, ketekunan observasi, trianggulasi, dan diskusi dengan peneliti lain. Hasil penelitian menunjukkan implementasi manajemen mutu di SMA Ma’arif NU 1 Kemranjen dalam proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan yang terintegrasi dengan sistem penjamin mutu internal. Terwujud melalui perencanaan yang komprehensif yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan, dan penetapan standar mutu untuk memastikan peningkatan mutu pendidikan. Pengorgnisasian yang mencakup kerangka kerja yang terstruktur, komunikasi, dan kolaborasi yang efektif. Pelaksanaan yang melibatkan kepemimpinan yang kuat, strategi tindakan yang kongkret, evaluasi yang berkelanjutan, serta komitmen jangka panjang. Di dalamnya terdapat motivasi, kordinasi tim, dan kegiatan ektrakurikuler memainkan peran kunci. Pengawasan yang ketat dan tindakan korektif yang cepat untuk memastikan bahwa semua aspek pendidikan berjalan sesuai dengan standar mutu yang ditetapkan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Manajemen, Mutu |
Subjects: | 2x0 Islam (Umum) > 2x0.1 Islam dan Filsafat 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.11 Akhlak berdasarkan naqli 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi 2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.6 Perkembangan Islam di berbagai negeri setelah 1800 900 Geography and history > 907 Education, research, related topics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Purcahyono Hari Prasetyo |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 02:38 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 02:38 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26619 |
Actions (login required)
View Item |