PERSALINAN METODE PAZ MARYAM DI KLINIK PRATAMA RUMAH SEHAT ALISA BANTUL YOGYAKARTA (STUDI LIVING QURAN)

Isti 'Anatul, Machmudah (2024) PERSALINAN METODE PAZ MARYAM DI KLINIK PRATAMA RUMAH SEHAT ALISA BANTUL YOGYAKARTA (STUDI LIVING QURAN). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Isti 'Anatul Machmudah_Persalinan Metode PAZ Maryam di Klinik Pratama Rumah Sehat Alisa Bantul Yogyakarta (Studi Living Qur'an).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan penulis terhadap praktik persalinan metode PAZ Maryam di Klinik Pratama Rumah Sehat Alisa, Bantul, Yogyakarta. Metode ini diklaim sebagai metode persalinan pro normal yang terinspirasi dari QS. Maryam ayat 22 sampai 26. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah “Bagaimana praktik dan pemaknaan persalinan metode PAZ Maryam di Klinik Pratama Rumah Sehat Alisa Bantul Yogyakarta”. Penelitian ini fokus pada: praktik persalinan metode PAZ Maryam di Klinik Pratama Rumah Sehat Alisa, Bantul, Yogyakarta, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teori Karl Mannheim, sosiology of knowledge. Jenis penelitian ini merupakan studi lapangan (field research), dengan metode kualitatif dan pendekatan sosiologi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, data dianalisis menggunakan metode analisis induktif. Selanjutnya, dianalisis menggunakan teori Karl Mannheim (sosiology of knowledge). Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Persalinan metode PAZ Maryam di Klinik Pratama Rumah Sehat Alisa merupakan persalinan pro normal yang terinspirasi dari QS. Maryam ayat 22 sampai 26. Metode ini diklaim sebagai persalinan yang minim trauma, minim rasa sakit, dan tidak bertentangan dengan medis, bahkan membantu mempermudah dalam proses persalinan. Praktik persalinan metode PAZ Maryam dimulai dari program kehamilan, masa kehamilan, proses persalinan, dan pasca persalinan. Melalui analisis teori sosiology of knowledge Karl Mannheim ditemukan tiga pemaknaan. Pertama, makna objektif sebagai bentuk implementasi QS. Maryam ayat 22 sampai 26, sehingga meyakinakan ibu hamil untuk selalu berikhtiar dan bertawakal kepada Allah. Kedua, makna ekspresifnya merupakan perantara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, mencintai Al-Qur’an, ikhtiar mencari metode persalinan terbaik, dan wasilah untuk mempermudah persalinan karena diyakini mengikuti persalinan Ibu Maryam. Ketiga, makna dokumenter sebagai salah satu bentuk fenomena menghidupkan Al-Qur’an dan sebagai ajang berdakwah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persalinan, PAZ Maryam, Sociology of Knowledge, Karl Mannheim
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
000 Generalities > 001 Knowledge > 001.4 Riset
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.2 Al Qur'an dan Terjemah
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.3 Tafsir Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.4 Kumpulan Ayat dan Surat Tertentu
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.6 Kandungan Al Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Ilmu Al Quran dan Tafsir
Depositing User: Isti Anatul Machmudah sdri
Date Deposited: 19 Jul 2024 03:54
Last Modified: 20 Jul 2024 04:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26611

Actions (login required)

View Item View Item